Resep

ANEKA JAJAN PASAR UNTUK WIRAUSAHA (I)

Menjadi ibu rumah tangga adalah tugas mulia. Namun membantu suami untuk mendapatkan pendapatan keluarga adalah sungguh terpuji. Mari mencoba kue-kue di bawah ini untuk dijual di antara tetangga, teman arisanm atau dititipkan di kantin sekolah atau pasar.

KUE  KU  KETAN

Keperluan

–    200 gr tepung ketan
–    75 gr gula halus
–    150 cc santan yang sedang kentalnya
–    100 gr kentang yang sudah direbus dan dilumatkan
–    seperes sdt garam
–    pewarna kue merah dan hijau

Bahan isi :

–    200 gr kacang hijau tanpa kulit (siap beli)
–    150 gr gula jawa
–    100 gr gula pasir
–    ½ sdt garam
–    2 sdm minyak goreng

Cara membuat  :

Isi : Kacang hijau direndam sampai empuk, lalu rebus sampai matang. Gula jawa dimasak dengan sedikit air, saring lalu campurkan ke kacang rebus. Rebus bersama bahan-bahan lain, bubuhi sedikit air bila perlu. Masak sambil diaduk-aduk sampai kental. Pulung setelah dingin.

Adonan kulit : Semua bahan disatukan, uleni sampai rata, bubuhi pewarna, ratakan. Pulungi bulat-bulat sebesar jeruk nipis, isi dengan isi kacang hijau yang sudah disiapkan, lalu cetak dengan cetakan kue ku. Letakkan di selembar daun pisang yang sudah diminyaki. Setelah semua pekerjaan selesai, kukus sekitar 10 menit. Angkat, lalu panas-panas permukaannya di pulas dengan minyak goreng supaya berkilau.

KUE  BUGIS

Keperluan :

Sama dengan adonan Kue Ku.
Isinya pakai unti.

Bahan unti  :

–    ½ kg kelapa parut (pakai kelapa yang agak muda)
–    75 gr gula jawa
–    1 ons gula pasir
–    ½ sdt garam
–    1 sdm tepung ketan
–    2 lembar daun pandan

Cara membuat  unti  :

Dua macam gula dibubuhi +/-  ½ cangkir air. Rebus sampai hancur, lalu masukkan kelapa + garam dan daun pandan yang sudah disebit-sebit, aduk-aduk terus sampai menjadi legit lalu bubuhi tepung ketan yang sudah dilarutkan dengan 1 sdm air. Aduk-aduk terus sampai kental lalu angkat.

Cara membuat  :

Adonan dipulungi bulat-bulat sebesar jeruk nipis, lalu isi dengan unti. Bulatkan pula lalu letakkan di daun pisang yang sudah dipotong persegi, siram dengan santan areh (santan kental dimasak lagi sampau berminyak, bubuhi sedikit garam). Bungkus bentuk persegi lalu kukus sampai matang. Setelah matang pembungkusnya dirapikan.

Catatan : Dapat juga bulatan adonan dikukus sampai matang, tanpa dibungkus. Setelah dingin dipindahkan ke selembar daun pisang, siram dengan santan areh, lalu bungkus bugis seperti tsb di atas, daunnya terlihat bagus segar.

KETAN  BUMBU

Keperluan  :

–    ½ kg ketan
–    300 cc santan campur dengn 2 sdt garam

Bahan isi  :

–    kelapa parut dari ½ kelapa
–    2 sdm hebi sangrai lalu gerus
–    2 lombok merah
–    1 sdt garam
–    3 sdt gula pasir
–    2 lbr daun purut yang masih segar, iris halus

Cara membuat  :

Ketan direndam +/- 2 jam, tiriskan, lalu kukus +/-  ½ jam, angkat lalu bubuhi santan bergaram, ratakan. Diamkan +/-  ½ jam lalu kukus sampai matang, angkat.

Isi  : Kelapa disangrai sampai kering, bubuhi lombok yang sudah digerus dengan garam dan daun jeruk serta hebi, ratakan lalu tumbuk sampai kelapa hancur dan bumbu tercampur.

Penyajian  : Ketan dipulungi bulat-bulat, dipipihkan, tabur dengan isinya. Lalu letakkan di alas daun pisang.

PUTU  AYU

Keperluan  :

–    ½ kelapa agak muda, parut bubuhi sedikit garam, ratakan
–    250 gr tepung terigu
–    250 gr gula pasir
–    3 btr telur ayam
–    1 sdt baking powder
–    200 cc air daun suji

Cara membuat  :

Sediakan cetakan kue putu ayu, pulas mentega, isi dasarnya dengn sedikit kelapa parut, tekan-tekan supaya melekat, lalu penuhkan dengana donan kue, kukus sekitar 20 menit sampai matang. Telur dikocok dengan gula sampai putih. Tepung terigu dicampur dengan baking powder lalu ayak. Masukkan tepung bergantian dengan air daun suji, sambil diaduk-aduk hingga rata.

Sumber  :

Aneka Jajanan Pasar untuk Wirausaha (I), Nyonya Rumah | Kompas, 07.03.2010
Foto : Kompas | Arum Tresnaningtyas Dayuputri

LONTONG   CAP   GO  MEH

Masakan tradisional tak pernah lekangdimakan usia. Ciri khas masakan ini adalah pada bubuk-bubuk untuk taburan. Opor ayam yang gurih dan pedasnya sambal goreng hati ampela. Padua semua rasa inilah yang menjadi kekhasan lontong Cap Go Meh.

Lontong Cap Go Meh terdiri dari lontong yang disajikan dengan sayur lodeh, opor ayam, sambal goreng/hati ampela, bubuk kelapa dan bubuk kedelai.

SAYUR  LODEH

Keperluan  :

–    1 ikat kacang panjang
–    1 labu siam
–    1 terung
–    1 ons rebung
–    1 ons tempe
–    santan dari ½ kelapa

A.    Bumbu yang digerus : 3 lombok merah buang bijinya, 1 pt terasi, 6 bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 butir kemiri yang sudah dibakar, 3 sdt garam, 40 gr gula jawa.
B.    Bumbu lainnya : 2 iris lengkuas memarkan, 2 bt sereh memarkan, 5 lembar daun jeruk purut.

Cara Membuatnya : tempe dan sayuran dipotong-potong. Didihkan santan, masukan sayuran, tempe, serta bumbu-bumbu A + B. Masak sampai sayuran matang.

OPOR  AYAM

Keperluan  :

–    1 ekor ayam kampung yang gemuk dan muda
–    santan dari ½ kelapa
–    3 belimbing wuluh

Bumbu yang digerus : 2 lomnok merah, 1 pt terasi, 8 bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 peres sdt bubuk ketumbar, 5 butir kemiri, sebutir kencur, seruas kunyit, 2 sdt garam, 2 sdt gula, minyak untuk menumis.

Bumbu yang lainnya : 2 iris lengkuas memarkan, 4 lembar daun jeruk purut.

Cara Membuatnya : ayam dibersihkan, potong-potong, goreng sebentar. Bumbu yang digerus tumis dengan sedikit minyak sampai harum baunya, tuangi santan cair, bubuhi lengkuas dan daun jeruk, didihkan lalu masukkan ayamnya. Masak sampai ayamnya empuk, masukkan irisan belimbing dan santan kentl, masuk beberapa saat lagi, angkat.

SAMBAL  GORENG  HATI  AMPELA

Keperluan :

–    4 pasang hati/ampela
–    20 butir telur puyuh rebus
–    1 bt petai
–    santan dari ¼ kelapa
–    2 iris lengkuas memarkan
–    3 lembar daun salam
–    2 sdm air asam
–    penyedap

Bumbu yang digerus : 6 lombok merah, 6 bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 pt terasi, 1 ½ sdt garam, 2 sdt gula, minyak untuk menumis.

Cara Membuatnya  :  hati amplea direbus, lalu dipotong-potong. Telur puyuh dikupas, petai dikupas dan belah dua. Bumbu digerus, tumis dengan sedikit minyak sampai harum baunya, tuangi santan, masukkan bahan-bahan lainnya. Didihkan beberapa saat sampai bumbu-bumbunya meresap, angkat.

SAMBAL BUBUK KELAPA

Keperluan  :

Bumbu A : 1 kg kelapa parut, 4 siung bawang putih, 6 bawang merah, 50 gr lombok merah, 1 pt terasi, 2 btr kencur, 12 lembar daun jeruk purut.

Bumbu B : 2 sdt garam, 150 gr gula pasir.

Cara Membuatnya  :  bumbu A digoreng sampai matang, angkat. Sisa munyak dipakai untuk menyangrai kelapa, bahan-bahan yang sudah digoreng dicampur dengan kelapa, aduk-aduk terus sampai kelapa berwarna kuning dan kering. Bahan-bahan yang digoreng diambil, digerus sampai halus dengan gula dan garam, kelapa sangrau juga digerus, ratakan.

SAMBAL BUBUK KEDELAI

Keperluan : ¼ kg kedelai

Bumbu A : 2 lombok merah, 2 siung bawang putih, 3 lembar daun jerik, 1 pt terasi.

Bumbu B : 2 sdt garam, 50 gr gula halus.

Cara Membuatnya : kedelai dicuci lalu sangrai sampai kering. Buang kulitnya lalu gerus dengan bumbu tersebut.

Sumber  :

Lontong Cap Go Meh – Nyonya Rumah | Kompas, 21.02.2010
Foto-foto Kompas / Arum Tresnaningtyas Dayuputri

KUE  KERING  UNTUK  IMLEK

Sebentar lagi umat Budha dan Konghucu merayakan Imlek yang pada tahun ini jatuh pada hari Minggu, 14 pebrurai 2010. Sudah menjadi tradisi bagi yang merayakannya bahwa pada hari besar tersebut seluruh keluarga berkumpul dan beberapa stoples kue kering berjajar rapi di meja tamu. Mari membuat sendiri kue-kue kering untuk menyambut Imlek 2561. Gong Xi fat Choi.

KAARSKRAKELINGEN

Keperluan :

–    500 gr tepung terigu
–    1 peres sdt baking powder
–    100 gr keju parut
–    250 gr mentega
–    1 btr telur ayam
–    1 sdt garam
–    1 kuning telur untuk memulas kuenya

Cara membuat :

Mentega dikocok sampai lunak, bubuhi garam dan telur, kocok lagi sampai tercampur rata. Masukkan tepung, baking powder, dan keju. Ratakan sampai merupakan adonan yang dapat dipulung. Pulung bulat-bulat sebesar kemiri, lalu tiap bulatan digulung merupakan rokok sigaret yang panjangnya 15 cm. Buat bentuk krakeling, letakan di loyang yang sudah dipulas mentega, atasnya dipulas dengan kuning telur, lalu panggang sampai kuning keemasan, angkat.

PINDA  GEBAKJES

Keperluan :

–    500 gr kacang tanah
–    50 gr tepung terigu
–    1 peres sdt baking ppwder
–    1 peres sdt garam
–    50 gr mentega
–    2 telur ayam kocok lepas
–    250 gr gula pasir

Cara membuat :

Kacang disangrai, buang kulit arinya, lalu ambil kira-kira 2 sdm, belah dua, sisihkan. Sisanya dicincang kasar, campur dengan bahan-bahan lain yang sudah disiapkan, ratakan sampai menjadi adonan yang dapat dipulung. Sediakan loyang kue, pulas mentega lalu taruh adonan sesendok tekan-tekan dengan garpu supaya menipis, taruh di tengah 1 butir kacang, tekan supaya melekat. Semua adonan dikerjakan seperti itu. Panggang sampai berwarna kuning kecoklatan, angkat lepaskan dari loyangnya.

ANANAS  BOLLETJES

Keperluan :

–    50 gr tepung terigu
–    Seperes sdt baking powder
–    350 gr mentega
–    100 gr gula halus
–    2 butir telur ayam
–    selai nanas yang kental
–    1 kuning telur untuk memulas kuenya

Cara membuat :

Mentega dikocok sampai lunak, campur gulanya, kocok sampai tercampur rata, masukkan telurnya satu per satu sambil adonan dikocok terus sampai rata, masukkan terigu dan baking powder. Ratakan sampai merupakan adonan yang dapat dipulung. Pulungi bulat-bulat sebesar kemiri, isi dengan selai nanas secukupnya, bulatkan pula. Letakkan di loyang yang sudah dipulas mentega, pulas dengan kuning telur lalu panggang sampai matang.


SELAI  NANAS

Keperluan :

–    5 nanas Bogor
–    200-250 gr gula pasir

Cara membuat :

Nanas dikupas, buang mata dan bagian tengahnya yang keras, lalu parut. Jerangkan di wajan, jika sudah tidak berair, masukkan gulanya aduk-aduk terus sampai kental, angkat.

SESAME  COOKIES

Adonan sama dengan adonan untuk Ananans Bolletjes

Cara membuat :

Gilas tipis kira-kira ½ cm tebalnya lalu cetaki bentuk bunga atau sesuai selera. Pulas kuning telur lalu taburkan wijen merata. Letakkan di loyang yang sudah dipulas mentega, lalu panggang sampai matang.

Sumber  :

Kue Kering untuk Imlek – Nyonya Rumah | Kompas, 31.01.2010
Foto : Kompas / Arum Tresnaningtyas Dayuputri

HIDANGAN  DARI  JAGUNG

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan penting di dunia. Berdasarkan bukti genetis, antropologis, dan arkeologis, diketahui jagung berasal dari Amerika Tengah, tepatnya Meksiko bagian selatan.

Dari daerah asalnya, budidaya jagung telah dilakukan sejak 10.000 tahun lalu, kemudian teknologi ini di bawa ke Amerika Selatan (Ekuador) dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru.

Jagung mulai berkembang di Asia Tenggara pada pertengahan tahun 1500-an dan kemudian menjadi tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia, Filipina, dan Thailand.

Di Indonesia, jagung banyak dijumpai di berbagai wilayah, seperti NTT, Sulawesi Utara, serta beberapa daerah di Jawa. Karena merupakan sumber hidrat arang yang dapat dijumpai di negara kita, sebaiknya jagung ditingkatkan budidaya pemanfaatannya.

Sekarang ada industri pembuat tepung jagung yang sangat mudah dimanfaatkan masyarakat, seperti untuk mi dari tepung jagung untuk menambah jenis variasi makanan pokok kita. Masih banyak lagi jenis lain makanan berbahan jagung yang dibuat menjadi aneka kue atau dibentuk beras yang dikonsumsi sebagai beras jagung.

Jagung merupakan karbohidrat yang dapat senilai serupa beras dan mempunyai kandungan serta tinggi. Nilai giz tepung jagung, per 100 gram bahan : kalori 355 kalori ; karbohidrat 73,7 gram ; protein 9,2 gram ; lemak 3,9 gram (Sumber : Badan Ketahanan Pangan Departemen Pertanian RI).

MI  JAGUNG  SIRAM  GULAI  KAMBING

Untuk : 2 Porsi | 1 Porsi = 630 kalori

Keperluan  :

100 gram mi jagung kering

Bahan kuah gulai kambing  :

–    2 sdm minyak untuk menumis
–    2 sdm irisan daun bawang
–    1 sdm irisan bawang putih
–    1 bks bumbu gulai siap pakai
–    1 btg sereh dimemarkan
–    2 lbr daun jeruk
–    200 ml kaldu daging kambing
–    100 ml santan encer
–    Sedikit garam
–    ½ sdt merica halus
–    100 gr daring kambing direbus dan dipotong dadu
–    100 gr kacang merah segar direbus dan ditiriskan
–    100 gr kol diiris-iris

Cara membuat  :

1. Gulai kambing  :

Tumis dengan minyak daun bawang, bawang putih, bumbu gulai siap pakai, sereh, dan daun jeruk sampai keluar aorma. Masukkan kaldu dan santan, aduk, beri garam dan merica, aduk. Setelah mendidih masukkan daging kambing, kacang meraj, dan kol, domasak sampai bumbu meresap, angkat, sisihkan.

2. Rebus air di panci hingga mendidih, beri sedikit minyak, masukkan mi jagung, masak sebentar, angkat, dan tiriskan.

3. Letakkan mi dalam mangkuk lalu siram dengan kuah gulai.

4. Hidangkan

PUDING  JAGUNG

Untuk : 10 potong | 1 potong = 224 kalori

Keperluan  :

Bahan Puding  :

–    100 gr tepung jagung
–    600 ml susu
–    2 bks agar-agar bubuk putih
–    150 gr gula pasir
–    Sedikit vanili bubuk
–    3 btr putih telur aya,

Bahan Air Agar  :

–    1 sdt agar-agar bubuk putih
–    1 sdm gula pasir
–    150 ml air

Bahan Saus Nanas  :

–    500 gr daging nanas diblender dengan 200 ml air
–    150 gr gula pasir
–    25 gr tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air

Cara membuat  :

1. Puding
Kocok putih telur sampai kaku, sisihkan. Rebus campuran tepung jagung, susu, agar, dan gula sambil diaduk sampai mendidih. Angkat, beri vanili, aduk rata, lalu masukkan ke dalam kocokan putih telur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai habis dan tercampur rata. Tuang ke dalam cetakan kaleng yang sebelumnya telah dibasahai dengan air, dinginkan.

2. Saus nanas
Rebus air nanas dan gula, aduk, kentalkan dengan larutan tepung maizena, aduk rata,
setelah mendidih dan kental, angkat.

3. Air Agar
Campur semua bahan menjadi satu lalu dimasak sambil diaduk sampai mendidih, angkat.

4. Keluarkan puding dari dalam cetakan, hiasi dengan buah sesuai selera, lalu direkatkan
Dengan air agar yang direbus dengan menggunakan kuas.

5. Hidangkan puding dengan dipotong-potong, sajikan dengan saus nanas.

Sumber   :

Hidangan Dari Jagung, Ny. Tuti Soenardi | Kompas, 27.12.2009
Foto-foto : Yayasan Gizi Kuliner Jakarta

HIDANGAN  ISTIMEWA  HARI  NATAL

Hari Natal dan Tahun Baru merupakan hari istimewa sehingga setiap keluarga sibuk mempersiapkan hidangan lezat untuk santapan bersama.

Sup Merah pasti nikmat dan menghangatkan perut. Ada pula Gurame Asam Manis yang gurih berbaur dengan rasa asam dan manis. Menu spesial ini dapat menjadi pilihan dalam menyemarakan hari Natal Anda. Sebagai penutup dapat dihidangkan Macaroni Schotel dengan aroma keju panggang, dilengkapi saus tomat dan saus sambal sehingga dapat meningkatkan cita rasa.

SUP MERAH

Keperluan  :

–    1 ekor ayam kampung
–    ½ kg wortel
–    ¼ kg sosis sapi atau ayam
–    Bakso udang
–    1 ons kacang polong beku
–    ½ kg tomat merah
–    1 butir bawang bombai
–    3 siung bawang putih
–    +/- 3 sdm mentega
–    +/- 3 sdm terigu
–    1 kaldu blok rasa ayam
–    2-3 sdm saus tomat
–    Garam, merica, dan pala

Cara membuat  :

Ayam setelah dipoting-potong dicuci bersih, lalu rebus dengan dibubuhi sedikit garam. Jika sudah empuk angkat, ambil dagingnya, potong persegi kecil. Tulangnya direbus lagi, bubuhi +/- 2 gelas air.

Wortel dikupas, iris persegi 1 cm, lalu rebus sampai matang, sosis dipotong-potong. Tomat dibelah empat dan buang bijinya, rebus sampai empuk, saring.

Dua macam kaldu ayam disatukan, campur dengan air tomat dan air perebus wortel, saring. Bawang bombai dikupas, iris persegi kecil, bawang putih dimemarkan iris halus.

Tumis dengan mentega sampai layu, masukkan terigunya, aduk-aduk sampai meletup-letup, lalu tuangi campuran air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai rata.

Masukkan ayam rebus, wortel, sosis, dan bumbu-bumbu, didihkan pula, masukkan kacang polong, rasakan. Dihidangkan panas-panas dengan dibubuhi bakso udang. Sebagai pelengkap sediakan roti goreng/panggang.

BAKSO UDANG

¼ kg udang, kupas, cincang, bubuhi 1 butir telur, seperes sdm tepung kanji, seperes sdm terigu, garam, dan penyedap. Semua bahan disatukan, masukkan ke dalam kantong plastik, gunting ujungnya, alirkan di minyak panas sampai menyerupai spiral, angkat lalu potong-potong.

GURAME ASAM MANIS

Keperluan  :

–    1 ekor ikan gurame yang sedang besarnya
–    1 bawang bombai
–    3 potong jahe, iris halus
–    1 lombok merah besar
–    1 sdm kecap
–    3 sdm pure tomat
–    ½ sdm cuka
–    Garam, merica, gila pasir, tepung terigu secukupnya
–    +/- 1 sdm tepung kanji
–    Minyak dan penyedap

Cara membuat  :

Ikan setelah dibuang isi perut dan sisiknya, digurat-gurat lalu dilumuri garam dan merica. Biarkan kira-kira 1 jam supaya bumbunya meresap, balur tepung terigu lalu goreng sampai kuning. Jahe dan bawang bombai yang sudah diiris tipis ditumis sampai layu, bubuhi +/- 2 cangkir air, pure tomat, cuka, kecap, garam, gula, dan penyedap. Kentalkan kuah ini dengan larutan tepung kanji.

Menyajikan  :

Ikan goreng ditaruh di piring panjang, siram kuahnya, lalu di atasnya hias dengan irisan lombok dan lain-lain.

MACARONI SCHOTEL

Keperluan  :

–    200 gr makaroni
–    100 gr keju parut
–    100 gr daging asap diiris halus
–    5 butir telur ayam
–    200 cc susu
–    Garam, merica, pala, mentega, dan tepung panir

Cara membuat  :

Makaroni direbus dengan dibubuhi sedikit garam sampai matang, angkat, tiriskan, siram air dingin. Sediakan tempat tahan panas, pulas mentega. Taruh 1 lapis makaroni, taburi atasnya dengan keju parut dan irisan daging asap, lapis pula dengan makaroni dan seterusnya, sampai tempatnya penuh. Lapisan paling atas harus berupa makaroni.

Tuangi susu yang sudah dicampur telur kocok, taburi dengan tepung panir, taruh bulir-bulir mentega di beberapa tempat merata lalu panggang sampai permukaannya kuning, angkat.

Sumber  :

Hidangan Istimewa Hari Natal | Nyonya Rumah
Kompas, 20.12.2009 | Foto : Kompas/Arum Tresnaningtyas

%d bloggers like this: