Posted by: hagemman | August 1, 2010

MANNING PUN DITAHAN

Bradley Manning menjadi prajurit pertama Amerika Serikat (AS) yang merasakan langsung dampak publikasi Afghan War Diary alias The War Logs. Kamis malam waktu setempat (29/7) serdadu 22 tahun itu tiba di Pangkalan Korps Marinir Quantico di dekat Triangle, Prince William County, Negara Bagian Virginia.

Manning dipanggil pulang dari tempat tugasnya di Kamp Arifjan, Kuwait, karena diduga terlibat dalam bocornya sekitar 92.000 dokumen penting militer AS Minggu lalu (25/7). Di bawah pengawalan ketat militer AS, dia langsung digiring masuk ke salah satu sel di pangkalan tersebut dan langsung diinterogasi. Dia dituduh menjadi salah seorang informan WikiLeaks yang membocorkan dokumen perang Afghanistan.

“setidaknya, ada empat dakwaan senada yang dituduhkan pada Manning,” kata salah seorang pejabat militer yang minta identitasnya dirahasiakan seperti dilansir Agence France Presse kemarin (31/7). Manning diyakini sebagai salah seorang serdadu yang membocorkan informasi rahasia ke WikiLeaks soal serangan helikopter Apache AS di Baghdad pada Juli 2007 (Collateral Murder). Serangan itu menewaskan bebrapa warga sipil. Konon, video tersebut diunduh Manning langsung dari dokumen resmi Departemen Pertahanan (Dephan) AS.

Kali ini Manning kembali diyakini sebagai pembocor informasi penting soal perang Afghanistan ke situs independen yang berpusat di Swedia tersebut. Hanya, tidak hanya satu informasi yang dia berikan, tapi ribuan. Untuk menyelidiki kasus tersebut, pemerintahan Presiden Barack Obama meminta bantuan khusus dari Pentagon dan FBI.

Kebijakan Washington yang menarik pulang Manning direaksi keras oleh Julian Assange. Pendiri WikiLeaks yang belakangan menuai kecaman dari berbagai pihak itu menyebut Manning sebagai korban. “Kini dia menjadi tahanan politik,” katanya. Menurut dia, dengan menempatkan Manning di Kamp Arifjan, AS berniat mengisolasi sang prajurit. Washington juga sengaja memutus kontak Manning dengan dunia luar.

Jubir Dephan AS Phillip Crowley menanggapi dingin kritik Assange. Dia menegaskan bahwa pemanggilan Manning kembali merupakan langkah yang tepat. Sebab, seiring bocornya dokumen penting soal Afghanistan itu, sejumlah informasi penting yang berhubungan dengan kerja sama diplomatik AS juga bocor.”  Ada lima atau enam telegram diplomatik yang ikut dipublikasikan,” ujarnya.

Sumber  :  Dituduh Pembocor, Jadi Tahanan | Jawa Pos, 01.08.2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: