Posted by: hagemman | August 1, 2010

BEBER VIDEO KEJAHATAN PERANG

Salah satu video menghebohkan yang dirilis situs WikiLeaks adalah Collateral Murder. Kengeriannya begitu nyata. Menggambarkan kebrutalan pasukan AS di kancah perang Iraq.

Video itu menunjukkan suasana kokpit Apache, helikopter pengangkut pasukan AS. Mereka menyerang warga sipil secara membabi buta. Belasan orang tewas, termasuk dua kru kantor berita Reuters, Saaed Chmagh dan Nameer Noor-Eldeen. Bahkan, pada video tersebut juga tampak bahwa dua anak yang ada dalam sebuah mobil yang akan mengevakuasi korban ikut terluka.

Reuters sempat berang. Pada Agustus 2007, atas nama UU Kebebasan Informasi, mereka minta rekaman asli dari kamera Apache tersebut. Namun, mentok. Pemerintah AS menyita video helikopter tersebut dan berjanji menginvestigasi kasus itu. Tapi, janji tersebut tak kunjung terpenuhi hingga kini.

Ternyata, pada 5 April 2010 video itu bocor ke WikiLeaks. Tampaklah kebrutalan serdadu Paman Sam yang memberondong orang-orang yang sedang bercengkerama di tengah jalan. Beberapa di antara mereka memang terlihat membawa senjata atau setidaknya sesuatu seperti senjata. Namun, orang-orang itu tidak sedang bersiaga perang.

Begitu brutalnya serdadu tersebut, Saeed yang berusaha berlindung pun diberondong dengan tembakan. Beberapa saat kemudian, ketika dirasa sudah aman, warga sipil itu keluar. Datanglah mobil van yang akan menolong. Ternyata, mobil tersebut juga diberondong tembakan. Dua anak di dalamnya terluka.

Militer AS menegaskan bahwa tindakan pilot dan pasukannya tersebut sudah memenuhi standar perang bersenjata. Apa pun dalihnya, video itu berbicara sebaliknya. Jangankan standar perang, yang tampak justru kaum barbar sedang menembaki warga tak berdaya.

Sumber  :  Beber Video Kejahatan Perang Iraq | Jawa Pos, 01.08.2010


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: