Posted by: hagemman | February 12, 2010

STASIUN TERMEWAH DI JAKARTA

Tahukah Anda stasiun kereta api paling mewah di Jakarta ? Di akhir abad ke-19 stasiun KA ini bahkan konon menjadi salah satu stasiun kereta api (KA) paling megah di dunia karena tuntutan kebutuhan internasional.

Stasiun KA ini memiliki sistem pengamanan ketat, dengan jumah personel yang lebih dari memadai. Untuk memberi jaminan, di stasiun ini juga dibangun penjara.

Meski pengamanan dilakukan ketat, stasiun ini tak kehilangan kenyamanannya. Selain memiliki ruang-ruang tunggu yang luas, stasiun ini dilengkapi bar dan ruang dansa-dansi, bahkan ruang penginapan.

Buku Sejarah Kota Tua (Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta, 2007) menulis, setelah Terusan Suez di Mesir dibuka pada bulan November 1869, perdagangan negara-negara Eropa dengan Asia kian ramai. Kegiatan angkutan kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa pun meningkat pesat.

Pelayanan dan fasilitas yang ada menjadi tidak memadai lagi. Pelabuhan pun sudah berubah dari hanya sebagai sebuah pelabuhan pengumpul rempah-rempah kini menjadi pelabuhan internasional.

Melihat keadaan ini, pemerintah kolonial Hindia Belanda berniat mengalihkan pelabuhan ke Tanjung Priok. Untuk mengangkut bahan-bahan guna membangun pelabuhan, pemerintah membeli KA dan membuat jaringan relnya.

Stasiun antara

Tahun 1877, setelah jaringan selesai, dibangunlah stasiun kecil yang diresmikan pada tanggal 3 November 1885. Sejak itu, secara bertahap, kegiatan perdagangan pun bergeser dari Pelabuhan Sunda Kelapa ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Agar kegiatan angkutan laut dan darat terintegrasi, pada tahun 1914 Gubernur AFW Idenburg mulai membangun Stasiun Tanjung Priok, yang berlokasi satu kilometer dari stasiun kecil itu.

Untuk membangun stasiun seluas 3.768 meter persegi di atas tanah seluas 46.930 meter persegi, dikerahkan 1.700 tenaga kerja. Sebanyak 130 di antaranya adalah orang Eropa.

Stasiun ini karya arsitek CW Koch. Dinding-dindingnya dihiasi kaca patri dan keramik. Stasiun memiliki delapan peron, bar, dapur, ruang pesta, dan tempat penginapan di sayap kiri dan kanan bangunan.

“ Umumnya stasiun KA di Nusantara, kala itu hanya memiliki satu sampai dua peron,” kata kepala Humas PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi I  Sugeng Priyono, yang dihubungi Senin (28/9) malam.

Lebih dari 50 tahun

Tanggal 6 April 1925, stasiun nan mewah ini diresmikan penggunaannya. Kereta listrik seri 3200 mulai beroperasi.

Pembangunan stasiun KA ini, seperti ditulis buku Sejarah Kota Tua, menandai labilnya pemerintahan dan pesatnya laju perekonomian.

Kemajuan teknologi juga ikut melatarbelakangi pembangunan stasiun KA ini. Tahun 1850-1900, pemerintah kolonoal Hindia Belanda memanfaatkan kemajuan teknologi pasca-revolusi industri. Pada Tahun 1856 dibangun jaringan telegraf Batavia – Buitenzorg (Bogor). Tiga tahun kemudian jaringan diperluas sampai Singapura meski pembangunannya baru selesai pada 1870.

Tahun 1861, jaringan gas selesai dibangun. Setahun kemudian mulai dimanfaatkan untuk penerangan jalan. Pada tahun 1882, kereta api mulai beroperasi, menggantikan trem kuda yang diperkenalkan tahun 1869.

Stasiun KA Tanjung Priok mulai surut setelah 50 tahun beroperasi dengan membanggakan. Bahkan, pada 21 Januari 2002, KA kelas ekonomi tujuan Surabaya, Solo, dan Semarang pun berhenti beroperasi, sampai akhirnya hanya menjalankan dua KA peti kemas tujuan Bandung dan Surabaya.

Tanggal 13 April 2009, stasiun mulai menggeliat dengan mengorperasikan KA jurusan Purwakarta, Cikarang, dan Pasar Turi – Surabaya. Bulan berikutnya, KA listrik beroperaso melayani jalur Tanjung Priok – Jakarta Kota dan Tanjung Priok – Jatinegara.

Apakah PT KA berniat mendulang keuntungan dengan menghidupkan kembali kemewahan stasiun KA ini ?  “ Sangat berniat. Cuma butuh waktu – mengatur kembali jalur dan investasinya, “ jawab Sugeng.

Sumber  :

Stasiun Termewah di Jakarta, Windoro Adi | Kompas, 29.09.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: