Posted by: hagemman | January 20, 2010

SULIT MENATA PEDAGANG TRADISIONAL

Kondisi pasar tradisional di sejumlah wilayah di Jawa Timur terkesan ruwet dan semrawut. Pedagang pun mengeluhkan kondisi pasar yang kurang memadai dan kurang nyaman bagi konsumen.

Di Pasar Kota, pasar tradisional Kabupaten Gresik, pedagang kadang sering meluber hingga Jalan Gubernur Suryo dan Jalan Samanhudi. Sebagian pedagang yang pernah diberi stan justru dijual dan kembali berjualan di tepi jalan. Sementara itu, di Pasar Sidomoro yang telah direnovasi setelah terbakar pada Desember 2004, justru masih banyak stan yang kosong, khususnya di lantai II.

Di Kabupaten Lamongan, Pasar Babat sudah bertahun-tahun menjadi salah satu titik kemacetan tiap hari. Pasar tersebut menjadi pusat perdagangan bahan-bahan basah maupun bahan kering. Pemerintah daerah setempat berencana menyulap Pasar Babat di Kelurahan Babat menjadi pasar modern dan membangun pasar khusus agrobisnis di bekas Terminal Babat di Desa Plaosan.

Kondisi pasar yang semrawut juga terjadi di Kabupaten Bojonegoro. Pasar Kota sekarang mulai tertata setelah Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) tertata mengelilingi sisi pasar. Namun, akses jalan di pasar sering menimbulkan kemacetan, khususnya di Jalan KH Mansyur.

Sementara itu, sejumlah pedagang di Pasar Wage, Kabupaten Nganjuk, mengeluhkan soal kondisi pasar tersebut. Umur bangunan sejumlah kios yang relatif tua dan karenanya rusak disana-sini serta retribusi harian yang dianggap relatif berat menjadi biang keluhan para pedagang.

Sumiati (26), salah seorang pedagang aneka jenis sayuran dan buah-buahan di pasar tersebut mengatakan bahwa kios yang ditempatinya rusak parah di bagian atapnya. Ia lalu menunjukkan bagian atap kios berukuran sekitar 3 meter x 9 meter yang sudah ditempatinya sekitar delapan tahun itu.

Atap berbahan serat kaca tipis warna biru itu sudah tampak bolong dan terkoyak pada beberapa bagian. Sumiati menambalnya dengan terpal berwarna oranye untuk mengurangi dampak bocor saat hujan mengguyur.

“Saya sudah mengadukan soal hal ini berkali-kali. Katanya tahun 2010 diperbaiki, tapi tidak tahu kapan,” kata Sumiati, Senin (18/1).

Minim fasilitas

Kondisi pasar tradisional di Kabupaten Kediri tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional pada umumnya yang belum bisa memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam berbelanja. Selain kumuh dan becek, situasi pasar juga semrawut bahkan sampai mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

Bangunan pasar tradisional rata-rata semipermanen, walaupun masih banyak yang sederhana. Fasilitas yang dimiliki pasar sangat minim, seperti tempat pembuangan sampah, saluran drainase, dan ventilasi udara.

Akibatnya, sampah selalu berserakan dimana-mana, lantai pasar becek dan kotor. Bau tidak sedap juga menyengat dari dalam pasar akibat kurangnya sirkulasi udara. Bahkan masih banyak sudut pasar yang gelap dan lembab.

Sebagai gambaran, Pasar Pamenang Pare. Pasar terbesar di Kabupaten Kediri itu sudah pernah direnovasi. Namun, kondisinya tetap tidak lebih baik. Bahkan di bagian pasar sayur dan buah yang terletak di sebelah timur, situasi pasar lebih buruk.

Lapak-lapak pedagang digelar tidak beraturan. Bukan itu saja, sebagian besar yang menurut Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional M Khosim berjumlah 108 orang berjualan di pinggir jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas.

Kondisi pasar yang tidak lebih baik juga bisa ditemukan di Pasar Semen di Kecamatan Semen. Pasar yang dikelola oleh pemerintah desa ini menggunakan separuh badan jalan. Separuh badan jalan lainnya dipakai untuk lalu lintas pedagang dan pembeli sehingga praktis tidak ada lagi ruang untuk pengguna jalan. Padahal pasar ini terletak persis di Jalan Raya Kecamatan Semen.

Sumber :

Sulit Menata Pedagang Tradisional | Kompas Jawa Timur, 19.01.2010
Grafik : Handining | Foto : A Ponco Anggoro | Ilustrasi : Has

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: