Posted by: hagemman | January 16, 2010

SELAMAT DATANG CHINA, KATA LIMPO

Di tengah gentar-gemetarnya dunia usaha kita karena berlakunya FTA (Free Trade Agreement) ASEAN – China sejak 01.01.2010 lalu, ada hembusan angin segar dari Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang tak gentar menghadapi era perdagangan bebas dengan China. Ia melihat bahwa serbuan produk China justru merupakan peluang menyejahterakan rakyatnya.

“Miliaran perut rakyat China butuh pasokan pangan dan Sulsel siap melawan serbuan produk mereka dengan mengekspor hasil bumi ke sana,” kata Syahrul Yasin Limpo dalam pertemuan dengan media massa di Makassar, Sulawesi Selatan, akhir pekan lalu.

Dari ungkapan itu, Syahrul bersama Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang menekankan sebuah pesan moril. Keduanya pun lalu curhat bahwa hasil bumi Sulawesi Selatan selama ini kurang maksimal dipasarkan ke mancanegara karena regulasi pemerintah pusat yang tidak berpihak pada daerah.

Sebagai contoh, surplus beras 2 juta ton dari Sulawesi Selatan tidak mendapat dukungan penuh pemerintah pusat meski Malaysia siap membelinya. “Masak untuk mengundang Menteri Pertanian Malaysia saja dipersulit pemerintah pusat,” ujarnya.

“Saya ingin mengucapkan selamat datang pada produk China. Bila perlu jangan cuma barang-barangnya, tapi juga investornya. Datanglah ke Sulsel untuk membangun industri makanan olahan dari hasil pertanian,” ujarnya. Untuk apa yang diucapkan sungguh bukan sekadar retorika, karena sang Gubernur pun menawarkan kemudahan perizinan dan lahan.

Sikap seperti Syahrul Yasin Limpo ini harus diapresiasi dan dijadikan teladan bagi para pemimpin pemerintah daerah lainnya di Indonesia. Ia bergerak keluar dari kepakeman dan kita mencatat sejak geger FTA ASEAN – China baru dirinya sebagai pejabat tinggi yang terang-terangan menyatakan sikap dengan antusias. Hidup Limpo !

Sumber  :

Selamat Datang, China !  | Kompas, 15.01.2010


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: