Posted by: hagemman | January 11, 2010

ELVIS – THE KING

Elvis Presley, penyanyi yang mendapat julukan “The King” itu, telah meninggalkan dunia fana ini hampir 33 tahun. Namun, serangkaian acara dan buku baru diluncurkan pekan ini di seluruh dunia untuk menyambut apa yang seharusnya menjadi hari ulang tahunnya yang ke-75.

Presley, yang meninggal pada bulan Agustus 1977 dalam usia 42 tahun, adalah salah seorang selebriti almarhum yang paling menghasilkan, dengan pemasukan 55 juta dolar AS dalam tahun 2009. Hal ini menurut Forbes.com dan dipasarkan oleh Elvis Preskey Enterprises yang dihidupkan kembali oleh tokoh hiburan Robert Sillerman tahun 2005.

Pesta terbesar akan di adakan di Memphis, dimana 8 Januari 2010 telah dicanangkan sebagai Hari Elvis Presley, dengan upacara pemotongan kue di rumahnya di Graceland, pameran baru kostum-kostumnya, pemutaran film-filmnya, dan boneka Jailhouse Rock koleksi Barbie.

Perayaan juga diadakan di berbagai penjuru dunia, dengan kelab-kelab penggemar menyelenggarakan acara di Tokyo, London, Paris, dan di tempat-tempat lain.

“Elvis adalah satu dari sedikit orang yang mucnul dan bergema melintasi garis-garis kultural,” kata Howard Kramer, kurator untuk pameran Elvis di Rock and Roll Hall of Fame di Celeveland, Ohio, AS.

Bahkan, setelah hampir 32 tahun kematiannya, pria yang bernama asli Aaron Elvis Presley itu tetap mepertahankan basis [enggemar yang hampir tak tertandingi dalam jumlah dan cakupan geografis.

Hari Jumat, stasiun kereta api Sydney dipenuhi oleh orang-orang yang mengenakan pakaian model Elvis yang berkilau, lengkap dengan dandanan rambutnya, saat 400 penggemar Elbis memulai perjalanan mereka dengan kereta Elvis Express ke Parkes, 300 km sebelah barat Sydney.

Lebih dari 10.000 orang akan ikut serta dalam perasaan Festival Elvis tahunan ke-18 itu.

Tahun lalu, festival itu memberi pemasukan lebih dari empat juta dollar AS pada perekonomian setempat yang terpukul kemarau, dengn 9.000 pengunjung memadati setiap hotel, taman karavan, dan tempat berkemah di Parkes.

Para penggemarElvis yang paling fanatik akan berduyun-duyun datang ke Memphis, di mana  mantan istrinya, Priscillam dan putrinya, Lisa Marie Presley, akan ambil bagian dalam pemotongan kue ulang tahun di halaman Graceland.

Tiga buku mengenai Elvis diterbitkan, menambah deretan buku tentang penyanyi itu yang telah lebih dari 50 buah.

Salah satunya, “Elvis : My Best Man”, ditulis oleh George Klein, seorang pemandu acara TV sahabat Elvis sejak kecil.

Klein mengatakan betapa pentingnya ibu dalam hidup Elvis. “Hubungan mereka sangat erat. Elvis sangat mencintainya dan tidak pernah bertengkar dengannya,” katanya tentang ibu Elvis yang meninggal tahun 1958 dalam usia 46 tahun.

Klein yakin Elvis tidak akan mati begitu muda kalau ibunya masih ada karena dua orang yang paling dekat dengannya – manajernya “Kolonel” Tom Parker, dan ayahnya, Vernon, yang bekerja untuk Elvis gagal membantunya.

“Ayahnya takut Elvis akan memecatnya dan Kolonel Parker hanya peduli uang. Mereka menutup mata mereka dan tidak datang membantu Elvis, tidak ingin berkonfrontasi dengan dia dan dipecat,” kata Klein, “Akan berbeda seandainya ibunya masih ada.”

Sumber  :

Semestinya Kini Ia Genap 75 Tahun | Kompas, 9 Januari 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: