Posted by: hagemman | January 8, 2010

EDITORIAL : MIMPI TENGAH HARI

Sulit bagi kita untuk sepakat bahwa kita memiliki sikap optimis untuk tahun 2010 yang baru beberapa hari ini kita jalankan.

Soalnya ada kekurangan disana-sini dan juga ada kelebihan seperti yang dikutipkan dalam 10 artikel pilihan di bawah ini bagi Anda semua. Maknanya, memang kembali pada diri kita serta sesuai dengan kepentingan kita masing-masing buat menyimak, mencerna, dan memahami dari artikel-artikel tersebut – tindakan apa yang bijak untuk kita lakukan.

Sofjan Wanandi pernah mengeluh bahwa dirinya yang kita tahu memang sudah canggih dan pengusaha Indonesia lainnya amat sulit membuat prediksi bisnis. Soalnya semua aspek bisnis yang terkait beneran amat sulit diperkirakan. Karena kesulitan inilah maka tipikal bisnis kita tidak mampu berjalan dan berlari secara jangka panjang sekaligus panjang nafas serta memiliki akar pijakan yang kuat.

Itu berita buruknya.

Berita baiknya juga ada. Karena situasi dan kondisi demikian, pebisnis kita sebenarnya lebih tangguh, bermental baja, dan rada nekad. Tentu dalam arti dan ranah positif. Dan hal itu mengemuka karena kita memang kudu survive dalam situasi dan kondisi yang penuh ketidak-pastian ini.

Maka kita sadar ada beberapa biang penyakit dari semua ini. Diantaranya betapa buruknya infrastruktur yang kita miliki sementara India sedang memacu diri membuat jalan sepanjang 20 kilometer setiap hari, betapa lambannya birokrasi yang kita punyai sementara di Singapura ijin usaha siap dalam waktu 2 hari, dan betapa terkelindannya etos korupsi yang kita endus tapi sulit membuktikan sementara lagi-lagi Singapura dikenal sebagai negara paling bersih dari korupsi. Kita sadar walau telat, sungguh adalah mimpi tengah hari buat kita berharap untuk mampu membuat prediksi bisnis dengan baik dan benar. Menyedihkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: