Posted by: hagemman | January 2, 2010

LEBIH DEKAT DENGAN GEERT MAK

Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis, akan menggelar workshop, peluncuran buku The Century of My Father karya Geert Mak, dan ceramah Gert Mak pada tanggal 14 Januari 2010 di Erasmus Huis, Jalan H.R. Rasuna Said Kav S-3, Kuningan – Jakarta 12950.

Bagi yang belum mengenal sosok Geert Mak, ia adalah sejarawan kelahiran tahun 1946. Ia juga menjadi salah satu penulis kontemporer Belanda yang karyanya banyak dibaca. Buku, kolom, dan esainya sering mengetengahkan sejarah dan perkembangan sosial.

Bukunya yang paling populer terbit pada tahun 1999, De Eeuw van mijn Vader (Abadnya Ayahku). Dalam buku tersebut Mak menggambarkan sejarah Belanda abad ke-20. Penulisan buku tersebut dilakukannya berdasarkan sejarah keluarganya sendiri, sebagaimana yang direkonstruksi oleh Mak antara lain dengan bantuan simpanan surat, kartu pos bergambar, wawancara, dan foto.

Dalam De Eeuw van mijn Vader, perhatian juga diberikan saat keluarga Mak tinggal di Medan, yang pada masa itu daerah Hindia Belanda pada tahun 1930-an. Mak juga mengangkat tahun-tahun yang dilalui ibu dan saudara-saudaranya dalam tahanan perang Jepang. Saat ini buku tersebut telah terjual lebih dari setengah juta jilid, yang juga dipublikasikan dalam bahasa Jerman, Denmark, dan Hongaria.

Sementara pada tahun 2004, buku In Europe diterbitkan dalam rangla perbedaan budaya dan sejarah sebagaimana yang diamati setelah berakhirnya pemisahan antara Eropa Timur dan Barat. Buku ini terjual lebih dari 350.000 eksemplar dan diterbitkan di lebih dari 12 negara.

Dengan pengalamannya, wajar jika Geert Mak diganjar predikat sebagai penulis yang piawai. Adapun acara yang bakal mengisi workshop, peluncuran buku, dan ceramah tersebut adalah : Lokakarya bersama Geert Mak yang didalamnya akan diisi pembahasan hal-hal seperti tanggung jawab seorang penulis non fiksi, riset, teknik penulisan, dan politik.

Acara selanjutnya adalah peluncuran buku The Century of My Father. Di sini akan diadakan presentasi terjemahan The Century of My Father dalam bahasa Indonesia untuk para jurnalis, pecinta buku, dan semua (pihak) yang berminat.

Akan halnya diskusi dengan Geert Mak akan dimoderatori Aristides Katoppo (Wartawan Senior). Geert Mak akan tampil dalam sebuah diskusi dengan peserta mengenai sejumlah topik seperti, masalah sosial di kota-kota besar dan kaitannya serta peran kesadaran sejarah.

Selain itu,  diskusi juga mencakup aspek-aspek seperti jati diri, kesukuan, bahasa, migrasi, pembentukan komunitas, kelas menengah sosial, pengaruh kota atas politik (negara), dan lain sebagainya.

Sumber  :

Lebih Dekat dengan Geert Mak | Kompas, 30.12.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: