Posted by: hagemman | December 21, 2009

TEPAT LIMA TAHUN LALU …

Tepat lima tahun lalu, kita turut menangis bersama saudara-saudara kita di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Sumatera Utara ; saat tiga rangkaian gempa besar di barat perairan NAD, Kepulauan Nicobar, dan Andaman pada hari Minggu pagi nan cerah, 26 Desember 2004 – menjelma menjadi tsunami yang membawa petaka.

Tidaklah mudah bagi kita semua untuk melupakan musibah yang menelan lebih dari 150.000 jiwa ini. Oleh sebab itu bukan semata mengenang serta memperingati peristiwa itu, dengan ditampilkannya tujuh kliping artikel dan grafis pilihan dari koleksi kami ; melainkan pula dengan semangat untuk membangkitkan kesadaran bagi kita semua tentang pentingnya pelestarian alam yakni penghijauan kawasan pesisir – baik itu berupa menjaga pelestarian maupun penanaman mangrove serta vegetasi lainnya, turut menjaga pelbagai peralatan pemantau gelombang dan getaran gempa bumi, memiliki pengetahuan dan keterampilan menghadapi bencana, dan hal-hal terkait lainnya termasuk tata ruang wilayah pemukiman – agar peristiwa memilukan dengan jatuhnya korban jiwa nan besar ini tak terjadi lagi di masa-masa mendatang.

Sungguh lima tahun bukanlah waktu yang teramat singkat, melainkan tentunya waktu yang panjang dalam salutan duka bagi saudara-saudara kita yang telah kehilangan orang-orang yang dicintainya. Kita tetap mendoakan serta berharap kiranya kekuatan dan penghiburan dari Sang Khalik senantiasa tercurah dan menaungi. Kepiluan, doa, serta harapan kita itu dilukiskan dengan indahnya dalam puisi karya seorang putera Aceh, Fikar W Eda ; agar kita mampu mendekap semuanya dengan penuh ketakziman serta keikhlasan, demi untuk  hari esok yang lebih baik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: