Posted by: hagemman | November 30, 2009

BERGOYANGNYA DUBAI WORLD – 3

Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab dan salah satu eksportir utama minyak dunia, akan mengambil langkah tersendiri untuk menolong Dubai yang terlilit utang. Demikian pernyataan seorang pejabat senior Abu Dhabi, Sabtu (28/11) di Abu Dhabi.

Uni Emirat Arab memiliki tujuh wilayah yang dinamakan emirat dan masing-masing dipimpin raja lokal. Ketujuh emirat itu bersatu dalam Uni Emirat Arab. Dubai, Abu Dhabi, Sharjah, Ajman, Umm al-Quwain, Ras al Khaimah, dan Fujairah adalah emirat-emirat yang memiliki pemerintahan otonomi.

Uni Emirat Arab yang berpenduduk sejuta jiwa memiliki cadangan devisa lebih dari 100 miliar dollar AS. Abu Dhabi adalah salah satu pemerintahan yang berniat menolong Dubai. Emirat Dubai mengalami masalah berupa beban utang sebesar 60 milliar dollar AS yang dimiliki Dubai World milik pemerintahan setempat.

Dubai memiliki berbagai proyek, terutama properti, seperti proyek Dubai Burj, Palm Jumeriha. Dubai World, Rabu lalu, meminta agar utangnya senilai 60 milliar dollar AS dinyatakan standstill, artinya kewajiban tidak dijalankan minimal selama enam bulan atau hingga Mei 2010.

Pasar langsung bereaksi negatif dengan standstill itu dan mengacaukan bursa Inggris, salah satu kreditor terbesar untuk Dubai World.

“Kami akan melihat secara saksama komitmen Dubai World dan kemudian melakukan pendekatan. Ini tidak berarti Abu Dhabi menjamin semua utang Dubai,” kata pejabat itu.

Sudah direncanakan

Ketua Komite Tertinggi Anggaran Dubai Sheik Ahmed bin Saeed Al-Maktoum mengatakan, Emirat Dubai sudah memperkirakan akan muncul masalah dengan utang-utang itu dan penundaan pembayaran utang sudah direncanakan secara matang.

Dubai World memiliki proyek properti prestisus yang menarik minat warga kaya dunia. Namun, krisis global menyebabkan minat surut dan mengakibatkan masalah dengan kelancaran cash flow (aliran kas) perusahaan.

Ahmed mengatakan sudah berpikir keras dan lama serta sudah mempertimbangkan kepentingan para kreditor sebelum pengumuman standstill. “Pemerintah sedang memikirkan restrukturisasi bisnis Dubai World,” lanjutnya.

Ahmed mengatakan pula bahwa tindakan Dubai World masuk akal. Dia menambahkan, Pemerintah Dubai juga pada akhirnya akan mengambil langkah untuk mengatasi sebagian utang Dubai World yang bermasalah. Ahmed menekankan bahwa fundamental ekonomi Dubai kuat, demikian pula pengembangan infrastruktur akan tetap membuat Dubai sebagai lokasi investasi yang tetap menarik di kawasan.

Keterangan para pejabat Uni Emirat Arab itu membuat berbagai kalangan menilai, krisis Dubai World tidak akan parah. “Saya kira dampak kekacauan krisis Dubai World tidak akan parah. Orang-orang akan terkejut hingga akhir pekan, tetapi keseimbangan akan kembali muncul,” kata Jeffrey Saut, pakar strategi investasi dari Raymond James, perusahaan keuangan AS asal Florida.

Meski demikian, krisis Dubai dikatakan akan makin membuat perbankan lebih berhati-hati mengucurkan dana.

Sumber  :

Abu Dhabi Akan Bantu Dubai World | Kompas, 29.11.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: