Posted by: hagemman | October 7, 2009

MOHON PERHATIAN

sprite-8Tentu kita semua amat prihatin dengan terjadinya gempa bumi beruntun di Padang dan Jambi. Media secara intensif melansir banyak artikel bermanfaat bagi kita tentang gempa bumi, dalam semangat agar kita semua memahami dan mampu untuk melakukan langkah-langkah antisipasi dan sekaligus upaya mitigasi apabila bencana alam tersebut terjadi.

Yang menjadi masalah, saat ini banyak beredar isu-isu yang tidak dapat dipertanggung-jawabkan dan tidak dalam ranah keilmuan bahwa akan terjadi gempa bumi pada wilayah-wilayah tertentu lengkap dengan perkiraan waktu kejadian.

Kita perlu mengerti serta memahami bahwa sampai saat sekarang iptek belum mampu memprediksi kapan gempa bumi akan terjadi dalam konteks waktu. Iptek saat ini baru mampu memprediksi gempa bumi dan akibat lainnya dalam konteks wilayah tertentu oleh sebab seismic gap, intensitas, tingkat probabilitas, tingkat kerusakan, laju kecepatan lempeng bumi serta rekahan  dan hal-hal lain yang terkait.

Oleh sebab itu, mohon kita semua tidak terkecoh dan tidak ikut-ikutan dalam arus euforia ketakutan berlebihan bahwa akan terjadi gempa bumi pada suatu wilayah dan dalam kurun waktu tertentu. Tapi sebaliknya, kita harus tetap waspada, bijak dan melengkapi diri dengan cara-cara perlindungan dini ; jika bencana alam yang tidak kita harapkan ini datang.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: