Posted by: hagemman | September 18, 2009

REKOMENDASI BANK DUNIA

butuh onfrastruktur 01Bank Dunia memprediksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia secara bertahap akan pulih. Ini dapat terwujud jika ada kepastian hukum dan dukungan infrastruktur.

“ Pemulihan bertahap pertengahan 2009 berlanjut selama satu setengah tahun hingga mencapai 6 persen tahun 2011, “ kata ekonom senior Bank Dunia, Subhan Chaudhuri, dalam diskusi “ Perkembangan Ekonomi Indonesia”, Senin (14/9) di Jakarta.

Pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2009 diproyeksikan 4,3 persen dan menjadi 5,4 persen tahun 2010. Indeks  harga konsumen diperkirakan 4,7 persen tahun 2009 dan 5,6 persen tahun depan. Tingkat pengangguran turun, tetapi mayoritas pekerjaan baru di sektor informal, terutama bagi perempuan.

“ Indonesia selamat dari krisis global karena struktur ekonomi tak bergantung pada ekspor, pasar domestik besat, sedikit menghasilkan produk teknologi tinggi, tetapi lebih banyak menghasilkan komoditas, “ ujarnya.

butuh infrastruktur dan kepstn hukumSelain itu, menurut Subhan, pemerintah proaktif mengamankan pasar modal, belanja stimulus, pemotongan pajak dan keuangan publik. Tantangan ke depan adalah bagaimana melepas berbagai stimulus yang digunakan untuk menghadapi krisis, mengurangi stimulus fiskal dan beban utang negara maju.

Disarankan agar embangunan infrastruktur, kepastian hukum, dan reformasi birokrasi menjadi prioritas, untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif. “ Pilihannya, mau pertumbuhan ekonomi cepat model Thailand atau agak lamban seperti Filipina, “ katanya.

Komisaris Bank International Indonesia Umar Juoro dan ekonom senior dari Indef Fadhil Hasan mengingatkan, secara sektoral perumbuhan sektor pertanian dan industri tak menggembirakan. Padahal, dua sektor ini menyediakan 70 persen dari lapangan kerja nasional.

Oleh karena itu, kebijakan yang berorientasi ekspor harus disertai perlindungan pada produk dalam negeri. “ Terbukti pasar domestik bisa menyelamatkan Indonesia dari krisis ekonomi global, “ ujar Fadhil.

Sumber  :

Butuh Infrastruktur dan Kepastian Hukum – Kompas, 15.09.2009
Grafik : Pandu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: