Posted by: hagemman | September 16, 2009

EKSPOR IKAN HIAS INDONESIA

ekspor ikan hiasEkspor ikan hias Indonesia hingga kini masih terkendala transportasi. Padahal, Indonesia memiliki tidak kurang dari 3.500 spesies ikan hias air tawar yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan Martani Huseini di Cibinong, Bogor, Sabtu (15/8), mengemukakan, hingga saat ini pengiriman produk ikan hias asal Indonesia ke negara tujuan ekspor masih bergantung  pada terminal poros (hub) Singapura.

Singapura, lanjut Martani, memiliki fasilitas penerbangan dan pelabuhan yang memadai untuk melakukan pengiriman langsung ke negara tujuan.

Singapura sebagai eksportir ikan hias terbesar dunia memetik manfaat sebagai pengumpul ikan hias asal Indonesia untuk dipasok ke pasar dunia.

“ Tak jarang, Singapura mengklaim kepemilikan produk ikan hias asal Indonesia, “ ujar Martani, di sela-sela Kontes Ikan Hias di Cibinong.

Tahun 2008, Indonesia menempati peringkat kelima eksportir ikan hias dunia dengan pangsa pasar 7 persen. Peringkat pertama eksportir ikan hias adalah Singapura dengan pangsa pasar 22,8 persen, disusul Malaysia 11 persen.

Pasar utama produk ikan hias Indonesia tersebar di Asia, Uni Eropa, dan AS. Hingga Mei 2009, nilai ekspor ikan hias Indonesia sebesar 4,3 juta dollar AS dari target ekspor 10 juta dollar AS.

Tahun lalu, ekspor ikan hias Indonesia 9 juta dollar AS dengan volume 1.184.328 kilogram, atau meningkat dibandingkan tahun 2007, yakni 7,3 juta dollar AS sebanyak 1.217.151 kg.

Beberapa spesies ikan hias air tawar asli Indonesia dikenal luas di pasar internasional, seperti arwana (Schleropages formosus) jenis super red, ikan cupang (Beta splendens), dan botia (Botia macracantha).

Indonesia juga telah lama sukses mengembangkan ikan hias asal negara lain yang telah didomestikasi, seperti ikan koi (Cyprinus carpio) dan mas koki (Carrasius auratus).

Dicabutnya larangan penerbangan Indonesia ke Uni Eropa oleh Komisi Eropa sejak bulan Juli tahun 2009 seharusnya membuka peluang bagi Indonesia untuk mengirim produk ikan hias secara langsung ke negara tujuan ekspor.

Saat ini Martani sedang mengupayakan maskapai penerbangan yang melakukan penerbangan langsung ke Eropa menyediakan sebagian ruangan di bagasi pesawat untuk mengangkut produk ikan hias.

Kendala ekspor

Pembudidaya ikan mas koki, Raymon Tanner, mengemukakan, salah satu kendala ekspor ikan hias adalah minimnya promosi di pasar internasional. Padahal, potensi dan kualitas ikan hias Indonesia tergolong baik.

Ikan arwana, misalnya, bisa laku dijual dengan harga melampaui Rp 100 juta per ekor. Sementara itu, ikan cupang berukuran 5 – 8 cm laku dijual seharga Rp 15 juta per ekor.

Di sisi lain, dukungan pemerintah untuk pengembangan bibit ikan unggul masih minim. Hal itu menyebabkan sebagian produsen belum bisa memenuhi permintaan ikan berkualitas ekspor dalam jumlah besar.

Pembudidaya ikan cupang Hendy R Wijaya mengatakan, minimnya penyediaan bibit unggul menyebabkan tidak mudah mendapatkan ikan cupang yang bermutu ekspor.

Dari 1.000 anakan ikan cupang yang diperoleh setiap bertelur, jumlah anakan yang bermutu hanya bisa didapat 5 persen.

Sumber  :

Ekspor Ikan Hias Terkendala Transportasi – Kompas, 18.08.2009


Responses

  1. Salam Kenal ….
    Ntk Taransportasi Export Keluar Negeri tidak ada masalah. Ikan Hias Export Via Soekarno Hatta Airport setiap hari mencapai Jutaan Ekor.
    Jika Ada ada yang kesulitan Export Ikan Hias bisa Hubungi kami.

    Budi Pramono
    http://pramandika.wordpress.com

    • Saya sangat berminat dengan tawaran Pak Budi Pramono, saya minta no: telpon nya dong Pak!. atau email Bapak
      ini email Saya viantart@yahoo.co.id

  2. pak salam kenal,nama saya hendra.begini pak saya sulit sekali ni tuk menjual ikan cupang saya.

  3. oh ya pak ni no hp saya 087868406815 atau e-mail saya pak andreascool95@yahoo.co.id .tlong ya pak saya sangat butuh sekali orang seperti bapak.thnk’s


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: