Posted by: hagemman | August 17, 2009

INSIDEN LAGU INDONESIA RAYA

m qodariInsiden terlewatkannya lagu “Indonesia Raya” dalam Sidang Paripurna DPR (14/8), harus diselidiki tim khusus. Mekanisme ini harus dilakukan agar kesalahan dapat diketahui dengan pasti.

Pengamat politik M Qodari menyampaikan hal itu sesuai acara diskusi di Jakarta (15/8), menjawab pertanyaan wartawan. “Jangan sampai kesalahan ditimpaan begitu saja semua kepada pembawa acara. Kalau tidak diselidiki dengan obyektif, yang akan disalahkan lagi-lagi orang kecil,” kata Qodari.

Saran untuk menyelidiki secara obyektif insiden yang terjadi menjelang pidato kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu dikemukakan Qodari. Pasalnya, Qodari mengaku khawatir jika tidak dilakukan dengan obyektif, yang akan dirugikan karena dipersalahkan adalah rakyat kecil.

“Hati-hati. Jangan merugikan rakyat kecil terus,” ujarnya.

Qodari menambahkan, insiden itu harus diungkap dan tidak boleh dilupakan begitu saja. Terlewatkannya lagu “Indonesia Raya” adalah kesalahan serius karena sama dengan melupakan simbol Indonesia yang sifatnya sakral.

“Jangan sampai nanti sinisme di masyarakat meningkat, lalu mengatakan, DPR tidak peduli dengan hal-hal yang kelihatannya kecil, tapi maknanya besar, “ kata Qodari.

zaini shofariSementara itu, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Zaini Shofari menilai, terlupakannya lagu “Indonesia Raya” dalam acara kenegaraan itu semakin menunjukkan tercerabutnya tradisi kebangsaan dan lunturnya rasa nasionalisme. Jika semula kekhawatiran itu sering ditimpakan kepada masyarakat, kini hal itu terjadi kepada pemimpin-pemimpinnya, mulai dari presiden, DPR, hingga pengurus partai politik.

“Bukan hanya nilai-nilai Pancasila saja yang sudah tereduksi, lambat laun lagu “Indonesia Raya” pun akan semakin dilupakan,” katanya.

Zaini menilai tercerabutnya akar kebangsaan dan rasa nasionalisme di kalangan elite pemimpin bangsa, khususnya partai politik, terjadi karena lemahnya penguatan semangat kebangsaan.

Sumber : Kompas, 16.08.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: