Posted by: hagemman | August 12, 2009

DIBEBASKANNYA RONNIE BIGGS

ronnie biggsRonnie Biggs, yang dikenal karena perannya dalam perampokan kereta api Inggeristahun 1963 dan pernah lama menjadi buronon, dibebaskan dari penjara tanggal 7/8 lalu, setelah Menteri Kehakiman Jack Straw setuju melepasnya dengan alasan kemanusiaan.

Biggs merayakan ulang tahunnya yang ke-80 akhir pekan sebelumnya, tepat 46 tahun setelah perampokan jutaan dollar yang membuatnya dikenal itu.

Bersama 14 anggota geng lainnya, Biggs merampok sebuah kereta pos Glasgow ke London tahun 1963 dan mencuri 2,6 juta poundsterling – yang bernilai 30 juta poundsterling nilai uang sekarang – di sebuah jembatan kereta api di sebelah utara London. Kejahatan itu dikenal sebagai “ The Great Train Robbery “.

Straw mengumumkan bahwa Biggs, yang dipenjara tahun 2001 setelah menyerahkan diri, dilepaskan atas dasar kemanusiaan karena kondisinya memburuk dan kemungkinan kecil akan membaik.

Biggs dirawat di rumah sakit dijaga oleh sipir penjara di Norwich, Inggeris timur, karena radang paru-paru yang parah. Serangan stroke juga membuatnya tak mampu berbicara, makan, atau berjalan.
Straw bulan lalu menolak permintaan pengampunan Biggs atas dasar perampok itu tidak menyesali kejahatannya, tetapi dia mengatakan keputusan pembebasan itu berdasarkan “pertimbangan-pertimbangan yang berbeda”.

Sebagian besar uang hasil rampokan tidak pernah ditemukan. Masinis kereta itu, Jack Mills, dipukul kepalanya dalam perampokan itu dan meninggal tujuh tahun kemudian tanpa pernah pulih sebelumnya.

Biggs memainkan sebuah peran kecil dalam perampokan itu, tetapi divonis penjara 30 tahun pada tahun 1964. Ronnie Biggs kemudian melarikan diri 15 bulan kemudian dengan memanjat tembok penjara dan melompat ke atas sebuah mobil van peralatan mebel.

Buron selama puluhan tahun, dia lari ke Prancis, tempat dia menjalani operasi plastik, dan Spanyol sebelum menuju Australia. Namun akhirnya, Biggs menetap di Brazil, di sana dia sering diberitakan berpesta.

Biggs menggagalkan permintaan ekstradisi Inggeris karena dia mempunyai tanggungan anak Brazil, puteranya, Michael dari pacarnya perempuan Brazil.

Biggs kembali ke Inggeris secara sukarela tahun 2001, mengatakan keinginan terakhirnya adalah menikmati segelas bir di sebuah pub Inggeris di tepi pantai sebelum dia meninggal. Namun Biggs segera dikirim ke penjara.

Putera Biggs, Michael, mengatakan bahwa kabar pembebasan itu membuat ayahnya sangat gembira. Dan akan membuat ayahnya menjadi orang bebas untuk pertama kali sejak tahun 1963.

Sumber : Kompas | Reuters, 08.08.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: