Posted by: hagemman | July 21, 2009

PERANGKAP PRODUKTIFITAS RENDAH

tkiHingga kini Indonesia masih menghadapi masalah rendahnya produktifitas kerja nasional. Untuk itu, semua pemangku kepentingan harus bergerak memperbaiki kualitas sumber daya manusia agar Indonesia keluar dari perangkap produktifitas rendah.

Hal itu terungkap dalam diskusi ketenagakerjaan terkait dengan peluncuran buku pengamat ketenagakerjaan, Payaman Simanjuntak, yang bertajuk “ Manajemen Produktifitas “ di Gedung Depnakertarns, Jakarta (17/7).

Hadir sebagai pembicara mantan Menteri Tenaga Kerja Sudomo, mantan Menteri Kehakiman Oetojo Oesman, serta Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Depnakertrans Masri Hasyar.

Menurut Sudomo, persoalan produktifitas bukan hanya tanggung jawab depnakertrans. “ Departemen Perindustrian juga memegang peranan penting untuk mendorong produktifitas nasional, “ ujarnya. Ia menegaskan, pemerintah dapat mengefektifkan dewan produktifitas nasional untuk menggerakan semua potensi dan meningkatkan posisi Indonesia di tingkat internasional.

Tingkat produktifitas Indonesia, kata Masri Hasyar, pada posisi ke 59 dari 60 negara. Ada pun daya saing bisnis Indonesia pada tahun 2009 ini pada peringkat ke 54 dari 135 negara.

Langkah meningkatkan produktifitas, ujar Masri, dapat diawali dengan kesediaan mengukur tingkat produktifitas instansi pemerintah. Ini untuk mendapat gambaran yang jelas tentang kinerja setiap instansi.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Djimanto berpendapat, persoalan produktiftas bukan kesalahan pekerja atau pengusaha. Hubungan sosial dan rantai panjang birokrasi yang menekan produktifitas Indonesia. “ Kalau pemerintah memamng memiliki keinginan meningkatkan produktifitas, perbaiki kedua hal ini, “ kata Djimanto.

Menurut Payaman, jebakan produktifitas rendah membuat pertumbuhan ekonomi rendah, tingkat pengangguran dan kemiskinan tinggi, serta tingkat penghasilan rendah. Kondisi ini melemahkan daya saing Indonesia.

Sumber  :  Kompas, 18.07.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: