Posted by: hagemman | July 19, 2009

PIMNAS XXII – UNIVERSITAS BRAWIJAYA, MALANG

pimnasMembangun soft skill mahasiwa melalui kegiatan kemahasiswaan di kampur hingga berskala nasional dan internasional tidak kalah pentingnya dari pembelajaran di ruang-ruang kuliah. Oleh karena itu, perguruan tinggi mesti memberi ruang bagi tumbuhnya kreatifitas mahasiswa.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Fasli Jalal di Jakarta (15/7), saat mahasiswa diberikan ruang kreatifitas dan suasana akademik yang kondusif, mereka mampu melahirkan paten dari penelitian-penelitian. Itu terlihat dari hasil Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang rutin diadakan setiap tahun.

Pada penyelenggaraan Pimnas tahun lalu, ada empat paten dilahirkan mahasiswa dari Universitas Muslim Indonesia Makassar, Universitas Tadulako, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Diponegoro. “ Mahasiswa yang berorestasi ini harus dikawal dan diperhatikan perguruan tinggi, “  kata Fasli.

Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti Depdiknas Suryo Hapsoro Tri Utomo mengatakan, dalam lima tahun ini, minat mahasiswa ikut Pimnas meningkat pesat. Pada tahun 2004 jumlah proposal yang diterima sebanyak 1.589. Pada Pimnas XXII di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, 21 – 25.07.2009, ada sekitar 13.000 proposal yang masuk.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Brawijaya RB Ainnurrasjid selaku Ketua Pelaksana Pimnas XII menjelaskan, ada lima kategori lomba, yakni program kreatifitas mahasiswa penelitian, teknologi, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, dan gagasan tertulis.

Selain Pimnas, kegiatan lain yang cukup bergengsi antara lain Kontes Robot Indonesia, Kontes Robot Cerdas Indonesia, dan Kontes Jembatan Indonesia.

Sumber  :  Kompas, 16.07.2009


Responses

  1. hidangan nya sangat lezat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: