Posted by: hagemman | July 10, 2009

OLIVIER BLANCHARD : SEINCI LAGI MENUJU PEMULIHAN

olivier blanchardAda kabar melegakan dari lembaga donor di Washington, yaitu IMF (International Monetary Fund) yang memprediksikan ekonomi global akan lebih tangguh pada tahun depan. Perkiraan terbaru ini lebih optimis ketimbang prediksi April lalu saat sistem keuangan menuju stabilitas dan kecepatan kontraksi dari AS hingga Jepang melambat.

“ Ekonomi global masih dalam resesi namun kita “seinci” lagi menuju pemulihan, “ kata Kepala Ekonom IMF Olivier Blanchard di Washington, AS, kemarin (8/7). Lembaga pemberi pinjaman yang bermarkas di Washington itu mengemukakan, dalam revisi prediksi yang dirilisnya, perekonomian dunia akan tumbuh 2,5 persen pada 2010 atau naik jika dibandingkan dengan proyeksi April yang tumbuh 1,9 persen. Kontraksi pada tahun ini menjadi 1,4 persen, lebih buruk ketimbang prediksi April yang anjlok 1,3 persen.

Proyeksi pertumbuhan yang meningkat pada tahun depan itu mencerminkan tahapan pemulihan yang berbeda di seluruh dunia dengan kebangkitan perekonomian beberapa negara, termasuk Cina yang membantu dunia keluar dari resesi terburuk selama enam dekade ini.

Kendati demikian, IMF juga mengingatkan, perbaikan sistem perbankan internasional merupakan sebuah prioritas. “ Kita harus meneruskan kebijakan keuangan, moneter, dan fiskal, yang akan meletakannya pada posisi yang tepat, “ ujar Blanchard.

Sumber : Jawa Pos | Bloomberg, 09.07.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: