Posted by: hagemman | July 5, 2009

EKSPEDISI SURYA MAJAPAHIT

perahu layar majaphitJika pada jaman Kerajaan Majapahit kita kenal ekspedisi Pamalayu yang dipimpin Laksamana Nala, maka mulai April 2010 akan dilakukan ekspedisi Surya Majapahit. Sebuah ekspedisi yang akan didanai oleh Japan Majapahit Association (JMA) dimana replika perahu layar Majapahit akan mengarungi samudera raya kembali.

Saat ini Tim pakar dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya tengah menggodok desain perahu yang akan digunakan untuk keperluan ekspedisi tersebut. Direncanakan pembuatan perahu tersebut akan dimulai pada tanggal 1 Oktober 2009, dengan lokasi pembuatan di Sumenep, Madura dan dengan material kayu yang berasal dari Pulau Kangean ; demikian papar Takajo Yoshiaki dari JMA.

Waktu ekspedisi diperkirakan akan berlangsung 3 bulan. Rute pelayarannyanya sebagai berikut : Sumenep, Surabaya (jawa Timur), Jakarta, Vietnam, Fukuoka, Osaka, Tokyo (Jepang), dan Shanghai (Cina). “ Setelah itu akan ke Eropa. Amerika Serikat tidak akan dikunjungi karena negara baru (berdiri sesudah Majaphit),” papar Yoshiaki lebih lanjut.

Secara terpisah, pelestari budaya yang membuat miniatur perahu layar Majaphit, Djuhhari Witjaksono, menyatakan kecewa terhadap pelaksanaan seminar bertema “Mencari Kapal Majapahit” yang digelar JMA dan Direktorat Peninggalan Purbakala di Jakarta (29/6) lalu. Seminar ini diikuti oleh para pakar dari sejumlah negara dalam rangka merekayasa bentuk perahu layar Majapahit.

Menurut Djuhhari, sejumlah pakar yang hadr pada seminar itu hanya memperbincangkan teori mereka tanpa menaruh perhatian sedikit pun pada miniatur perahu layar Majapahit yang dibuatnya. Harap maklum, Djuhhari telah meneliti perahu layar Majapahit sejak 1986 dalam rangka mencari bentuk aslinya. Ia telah melakukan penelitian pribadi dengan intens di sejumlah candi, seperti Penataran di Blitar dan Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Bahkan ia juga mengunjungi Museum Maritim di Amsterdam, Belanda. Terkait hal ini maka Djuhhari berencana akan membuat versi tandingan rancangan perahu layar Majapahit.

Sumber  :  Kompas, 04.07.2009

Advertisements

Responses

  1. Kenapa setiap ekspedisi yang menyangkut sejarah kita selau didanai dari pihak luar? Apa kita begitu miskin sehingga butuh dana dari luar. Mana harga diri kita sebagai bangsa yang nenek moyangnya orang pelaut.
    Saya pernah berlayar dengan perahu layar dari New York ke Indonesia. Biaya sendiri. Dan layarpun banyak seorang diri.
    Mau layar ke madagaskar sendiri dlm rangka napak tilas sejarah tidak ada yang minat. Payaah.

    • aku minat !!!!!!

      sms aja 085285121101 bila udah kirim email masahnya aku di dusun pantai di malang

      expedisi kapal borobudur ide & biaya dari british,

      expedisi kapal majapahit dari japan,

      Kita pikiran rata-rata dananya untuk kesenangan tanpa makna.

      kalau orang kasih biaya tentu pemahamannya adalah tidak ada yang gratis di dunia ini.

      artinya kepentingan selalu ada di balik setiap bantuan.

      Yang penting, yang mau trima bantuan itu mengerti & menyadari.

      Kalau anak – anak dapat kasih permen pasti teriak HORE.

  2. mereka,,,,jangan patah semangat bang…..
    mari sini kita duduk,,,,,
    arf_band@yahoo.co.id
    merdeka………..

  3. Melihat miniatur replika diatas…dapat dimengerti kegelisahan Sdr.Djuhhari…karena mirip sekali dengan yang ada pada Candi Borobudur…dimana kita semua tahu dibangun oleh Dinasty Syailendra dari Kerajaan Sriwijaya, jauh sebelum jaman Majapahit…kalau replika kapal tersebut dipaksakan maka nama ekspedisi harus diubah menjadi Surya Sriwijaya yang tercatat 6 abad lebih menguasai perairan dan perdagangan Nusantara…

    • salam lestari
      apapun nama dan program serta sponsor yang penting bisa mengembalikan spiirit ke baharian..karena spirit itu telah luntur dalam jati diri bangsa indonesia…
      di gerus oleh,,individualisme
      mari kira bersama sama…memperkokoh lagi semmangat yang luntur ..sehingga menjadi besar kembali
      salam lestari


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: