Posted by: hagemman | July 4, 2009

BAHAN BAKU OBAT ALAMI

bahan baku obat alamiDalam pidato pengukuhan, yang berjudul “Potensi Mikroba Endofit dalam Eksplorasi Bahan Baku Obat yang Ramah Lingkungan, sebagai Guru Besar Tetap Ilmu Farmasi, Fakultas MIPA Universitas Indonesia, Atiek Soemiati (1/7) menyatakan bahwa hutan tropis kita memiliki sekitar 30.000 spesies tumbuhan.

Dari jumlah tersebut belum dieksplorasi karena baru 9.600 spesies yang diketahui berkhasiat obat, dan diantaranya baru 200 spesies yang dimanfaatkan sebagai bahan baku industri obat tradisional.

Maraknya gerakan kembali ke alam di seluruh dunia mendorong penggunaan obat alam dunia terus meningkat setiap tahun. Kondisi termutakhir ini merupakan peluang amat besar bagi Indonesia untuk dapat memproduksi obat alam atau herbal yang bisa menembus pasar dunia, yang disertai peningkatan teknologi, seperti teknologi nano atau teknologi lainnya yang memungkinkan.

“ Tetapi, sayang, potensi alam Indonesia itu sampai saat ini tidak juga dikembangkan di dalam negeri. Indonesia bahkan mengimpor sebanyak 95 persen bahan baku obatnya.” papar Atiek dengan penuh sesal.

Jika kita menyadari hal di atas, inilah saatnya baik bagi pemerintah dan instansi terkait serta kita seluruhnya patut mendukung pemanfaatan obat alam berbahan baku herbal milik kita ; tentunya setelah teruji secara farmakologi sehingga aman dikonsumsi, tidak berefek samping seperti bahan baku kimiawi serta memberikan khasiat bagi para pengguna.

Sumber  :  Kompas, 03.07.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: