Posted by: hagemman | July 2, 2009

TRIWULAN II – 2009 : MASA PEMULIHAN

masa pemulihanMenteri Keuangan dan Pelaksana Jabatan Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan sesuai Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR (29/6) bahwa laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan II-2009 diperkirakan tidak lebih baik dari periode yang sama pada tahun 2008.

Hal ini disebabkan dasar perhitungan pertumbuhan ekonomi Triwulan II-2008 terlalu tinggi sehingga sulit dikejar dalam situasi domestik yang tengah berupaya pulih dari krisis ekonomi global. Lebih lanjut lagi ia memaparkan bahwa pemerintah akan fokus pada dua sektor yang diharapkan menjadi pendorong laju pertumbuhan ekonomi Triwulan II-2009.

Pertama, kinerja ekspor dan impor yang diperkirakan tidak seburuk seperti pada Triwulan I-2009 karena membaiknya aktifitas ekonomi di Asia dan global sejak awal Triwulan II-2009. Kedua, pemerintah mencermati kinerja investasi yang diperkirakan mulai menggeliat pada Triwulan II-2009 dan lebih baik dibandingkan dengan Triwulan I-2009 ketika krisis ekonomi global berkecamuk.

Untuk kita ketahui bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan II-2008 dibanding triwulan yang sama tahun 2007 tumbuh 6,4 persen. Saat itu ada tiga sektor yang tumbuh paling tinggi, yakni pengangkutan dan komunikasi ; sektor listrik, gas dan air bersih ; sektor keuangan, real estat dan jasa perusahaan.

Terkait hal ini, Deputi Gubernur BI Hartadi Sarwono mengatakan, pertumbuhan ekonomi Triwulan II-2009 akan tergantung pada perekonomian global. Alasannya ia melihat bahwa di negara-negara pengimpor barang dan jasa Indonesia membaik. Sehingga diprediksikan sumber pertumbuhan Indonesia akan disumbang dari kinerja ekspor. Semoga.

Sumber  :  Kompas, 30.06.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: