Posted by: hagemman | June 21, 2009

5 MILLIAR TAHUN LAGI

Star Cluster Burst into LifeJournal Nature (11/6) merilis hasil penelitian Prof. Jacques Laskar dan Michael Gastineu, yang telah melakukan 2.501 simulasi komputer, bahwa usia sistem tata surya masih akan berlangsung sampai 5 miliar tahun lagi. Akan tetapi jika saat itu terlampaui maka menurut mereka akan ada beberapa skenario yang potensial dapat terjadi.

Skenario pertama, Planet Merkurius, Mars dan venus akan bertabrakan dengan Bumi. Saat itu, planet lainnya seperti Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus memiliki kondisi orbit yang amat stabil. Dalam perhitungannya, probabilitas kehancuran orbit Merkurius adalah sebesar 1 persen. Laskar menyatakan pada BBC bahwa hal tersebut akan menjadi kehancuran yang sempurna, soalnya kecepatan planet saat mendekat bisa mencapai kecepatan 10 kilometer per detik. Tapi yang melegakan kita, tabrakan itu tidak akan terjadi hingga 1 milliar tahun ke depan.

Skenario kedua, akan terjadinya “perkawinan” Merkurius dan Venus. Kedua planet ini akan bertumbukan satu sama lain dan menghasilkan planet baru berukura sedikit lebih besar dari Venus. Setelah peristiwa ini, diprediksikan bahwa sistem tata surya akan menjadi lebih stabil dan orbit Bumi tidak akan terpengaruh. “Jika ada seseorang yang hidup satu milliar tahun dari sekarang, ia akan melihat percikan cahaya di langit. Kedua planet pun akan menyatu,” papar Laskar.

Skenario ketiga, probabilitas Mars akan bertabrakan dengan Yupiter. Jika hal ini yang terjadi Mars akan terlempar dari tata surya karena Yupiter memiliki daya gravitasi yang lebih besar.

Sekenario keempat, Mars dan Bumi akan bertabrakan, karena jarak keduanya akan mencapai 794 kilometer. Yang jelas Mars akan hancur tetapi melalui beberapa simulasi yang dilakukan, peristiwa ini akan amat membahayakan pada kehidupan di Bumi.

Semua itu dapat terjadi dengan dasar pemikiran Laskar dan Gastineau bahwa sistem tata surya yang sudah berusia jutaan tahun potensial bisa menjadi rusak, ibarat ban mobil yang aus karena sudah lama dipakai. Sehingga konsekuensinya adalah planet dalam orbit dapat terlempar ke luar dari sistem tata surya.

Sumber  : Jawa Pos | 12.06.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: