Posted by: hagemman | May 18, 2009

RESEPNYA BANG FAISAL

faisal_basri-150x150Ketiga pasang capres-cawapres yang akan bertarung dalam Pemilihan Presiden 2009 pada hakekatnya memiliki titik persamaan dalam program yang diusung mereka masing-masing yaitu perekonomian. Yakni peningkatan perekonomian nasional demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Untuk hal ini pengamat ekonomi Bang Faisal H. Basri berpendapat bahwa ada tiga prioritas bidang ekonomi yang harus diutamakan. Pertama adalah meningkatkan pertumbuhan pertanian dan industri. Sebab selama lima tahun terakhir angka pertumbuhan dua sektor ini hanya kisaran 3 persen. Sementara rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,6 persen dan sektor jasa hingga 10 persen. Jadi jelas tidak ada kesetimbangan.

Kedua adalah reformasi birokrasi. Buat Basri meskipun calonnya superman, punya rencana serta platform yang bagus, kalau rodanya (birokrasi) jelek ; tetaplah tidak akan memberikan hasil bagus. Ketiga adalah meningkatkan daya saing nasional, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, teknologi dan infrastruktur.

Seandainya pendapat Faisal H. Basri ini diterapkan bagi pasangan manapun yang berhasil memenangkan Pemilu Presiden 2009 kelak, tentu kita semua boleh merasa lega dan menaruh harap yang besar. Karena memang apa yang diungkapkan Basri merupakan kata kunci bagi Indonesia untuk bangkit. Sebab periode 2009 – 2014 ini dinilai amat strategis untuk persiapan bagi negara kita lepas landas pada 2015 guna memasuki masa bonus demografi 2020 – 2030, ketika kita memiliki populasi produktif yang besar. Itulah saat negara kita akan menjadi salah satu kekuatan perekonomian dunia. 

Sumber : Koran Tempo, 17.05.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: