Posted by: hagemman | May 18, 2009

GALEON DI PUERTO MADERO

GALEONSungai Plata adalah sebuah muara sungai di pantai utara Argentina yang terbentuk oleh delta Sungai Uruguay dan Sungai Parana. Pelabuhan alam yang dibentuk Sungai Plata ini amat mendukung keberadaan pelabuhan Buenos Aires, yang tercatat sebagai pelabuhan tersibuk pada abad ke-18.

“Kota Pelabuhan” ini merupakan penghubung antara Dunia Baru dan Eropa, dimana kapal besar dan kecil mengangkut barang dagangan melintasi Samudera Atlantik. Tercatat pada pertengahan tahun 1700’an, terkadang salah satu kapal, kapal kayu besar milik Spanyol yang lazim dikenal sebagai galeon merapat di Plata.

Galeon berarti kapal kayu bertingkat, jenis kapal perang yang amat dominan yang saat itu memiliki tiga tiang layar dengan konstruksi bertingkat. Kapal ini dipersenjatai lengkap serta sekaligus mampu mengangkut barang dan orang dalam pelayaran berjarak-jauh melintasi samudera.

Pada tahun lalu, 2008, ketika pelabuhan tua itu mengalami sedimentasi serta kota Buenos Aires bertumbuh dan meluas ; para pekerja konstruksi yang sedang mengerjakan fondasi kompleks apartemen mewah di kawasan Puerto Madero menemukan bangkai kapal pada kedalaman 7 meter.

Pekerjaan konstruksi ditunda sampai evakuasi sisa-sisa kapal ini selesai dengan diawasi para arkeolog. Dari lokasi penggalian ditemukan meriam, kayu, tali dan toples keramik berisi minyak zaitun. Setelah melalui restorasi kelak, kapal kayu bertingkat alias galeon ini akan dipamerkan bagi umum. Artefak berusia 250 tahun ini memang tidak sedang membawa harta karun, kecuali timbunan sejarah yang menarik hati buat dipelajari.

 

Sumber   :   Kompas | GeoWeek, 26.04.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: