Posted by: hagemman | May 12, 2009

SAAT-SAAT BERSEJARAH

aldia 060Kita semua saat ini menduga-duga serta menantikan siapa yang akan menjadi pasangan SBY dari Partai Demokrat dan pasangan Megawati dari PDI-P. Serta apa yang akan dilakukan Prabowo dari Gerindra dengan parpol menengah seperti PAN, PKS, PKB dan PPP. Ibarat sebuah permainan catur yang memang belum akan usai dan jelas, siapa pemenang serta siapa pecundang ; justeru pengambilan langkah saat kini, yang akan menentukan hasil pasti pada 20.10.2009 kelak.  Makanya jutaan pasang mata serta telinga bangsa ini amat menantikan pengumuman resmi dilansir dan tentunya akan diikuti dengan pendaftaran capres – cawapres pada KPU yang bertenggat waktu  tanggal 17.05.2009.

Bagi saya pribadi inilah momen paling bersejarah dan mengasyikan. Soalnya pemilihan wakil presiden dalam era reformasi ini amatlah vital-strategis. Sebab jabatan wapres bukan cuma seremonial gunting pita belaka lalu berha-ha-hi-hi, melainkan juga sang wapres melakukan tugas-tugas kenegaraan. Jadi keberadaan sosok cawapres akan memberikan pengaruh kuat dan nilai jual pada pasangannya yang digadang-gadang sebagai capres.
 
Saya sungguh kagum dengan JK yang memilih Wiranto. Langkah mengejutkan kendati bikin kagum juga mencemaskan hati. Tapi memang sosok JK amatlah taktis dan selalu mengejutkan. Ketika memilih Wiranto sebagai capres kendati menuai pro-kontra dalam tubuh internal partai, tetaplah hal itu merupakan sebuah manuver politik yang cantik dan elegan. Terlepas soal sosok Wiranto ; ternyata dengan kecepatan penentuannya ini JK sudah mencuri start buat mengkonsolidasikan mesin Golkar dan Hanura diseantero negeri. Sementara parpol lain masih saling lirik-melirik. Dan foto pasangan JK-Wiranto sudah tampil duluan satu halaman penuh full colour dalam lembaran mass media dengan dalih memohon restu.

JK jati dirinya memang seorang negarawan.  Dia bergerak cepat bak seorang militer para komando, Wiranto pun pernah memujinya demikian. Saya pernah menulis dalam blog ini, kemanakah JK melangkah. Kini jelas JK sudah melangkah dan semakin jelas dengan peta konfigurasi politik yang ada sekarang. Bisa jadi JK akan melejit karena berhasil menarik keuntungan dari kondisi serba ‘ketidak-pastian’ dan kebuntuan parpol lain untuk mencari dan memilih pasangannya. Intinya lirik-melirik antar parpol yang tersisa serta nuansa kekisruhan internal parpol yang bergulir ; justeru akan menjadi nilai lebih buat JK-Wiranto di mata rakyat.

Pasangan JK-Wiranto baru akan bertemu pesaing setimbang apabila Partai Demokrat bergandengan tangan dengan PDI-P. Jadi jujur saja saya mengharapkan bahwa hal ini yang akan terjadi. Jika Anda bertanya bagaimana dengan parpol lainnya. Saya kok berkeyakinan parpol lain akan ikhlas berendah hati buat bergabung, sebab kalkulasi politik menunjukan justeru jika ngotot berjalan sendiri rakyat yang sudah lebih cerdas akan menilai bahwa bila pun menang, pemerintahan yang terbentuk kelak akan potensial rapuh, sebab terdiri dari banyak parpol yang akan lebih mengusung kepentingannya sendiri ketimbang memikirkan kepentingan rakyat. Nah, bagaimana dengan Prabowo ? Justeru inilah asyiknya pemilu presiden kita kali ini.

Kita akan simak Prabowo bukan cuma untuk saat ini, karena ia akan memainkan peran amat penting pada pilpres periode berikutnya di tahun 2014 kelak. Saya pernah berpikir mestinya Prabowo belajar lebih banyak dulu dengan JK. Mundur selangkah buat maju dua-tiga langkah bahkan melompat empat langkah, bukanlah sesuatu yang aib. Asalkan jangan sampai tergelincir. Terakhir ada pesan dari Thomas Jefferson yang pernah mengatakan : Politisi selalu menantikan pemilu berikutnya, negarawan menantikan generasi berikutnya.

 

Picture courtesy of Aldia Vidianthi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: