Posted by: hagemman | May 11, 2009

SEBUAH PERKAWINAN LAIN DI SURGA

PORSCHEJika CEO Fiat, Sergio Marchionne mengibaratkan rencana merger Fiat dengan Chrysler serta Opel dan juga Saab sebagai sebuah perkawinan di surga. Maka ia pasti tidak akan terlalu terkejut, jika akan ada sebuah perkawinan lain di tempat yang sama yaitu antara Porsche dan Volkswagen alias VW.

Tanggal 07.05.2009 lalu, pemegang saham pengendali Automobil Holding SE, yakni keluarga Porsche dan Piech mencapai kesepatan merger dengan VW. Yaitu penggabungan produksi dan pemasaran 10 merek mobil dalam perusahaan hasil penggabungan itu. Kita mengenal Porsche memproduksi mobil sport mewah bermerek Porsche. Sementara VW memperoduksi mobil bermerek VW, Lamborghini, Audi dan Bentley.

Pemegang saham Porsche akan menambah modal perusahaan baru itu hingga 5 milliar Euro pada 2010 kelak. Dengan demikian tidak ada saham yang akan dijual kepada pihak ketiga. Juga Porsche akan menjual merek Porsche kepada pihak VW. Asalkan, Porsche memperoleh 51% saham perusahaan baru hasil merger kedua perusahaan mobil kondang tersebut.

Kesepakatan merger ini sekaligus juga menepis ambisi Porsche yang selama ini berambisi menguasai mayoritas saham VW, yang semula bertekad mengakuisisi minimal 75% saham VW. Kendati demikian komposisi porsi kepemilikan saham dalam perusahaan baru ini masih belum jelas. Masalahnya Porsche, VW, wakil serikat buruh serta negara bagian Lower Saxony pemilik 20% saham VW, baru akan menetapkan struktur kepemilikan dalam waktu sebulan ke depan.

Yang jelas merger Porsche dan VW ini akan membuat mereka menjadi produsen terbesar di Eropa dan dibayangi dengan merger Fiat dan Chrysler, Opel dan Saab. Jadi musim merger para produsen mobil dunia kini sedang marak. Krisis Global yang terjadi tampaknya memberikan imbas dengan terjadinya pengerucutan produsen dan pemasaran mobil dunia. Di satu sisi ada nilai positif terkait efektifitas dan efisiensi menyeluruh, tetapi di sisi lain ada nilai negatif kecenderungan timbulnya kebijakan proteksi industri mobil Eropa – AS. Itulah mengapa tampaknya dari sejak awal Geely Automobile Holdings, perusahaan mobil Cina ; yang meminang Saab yang juga diincar Fiat, masih belum memperoleh tanggapan berarti kendati Geely bekerja super kilat dengan sudah menyorongkan proposal akuisisi kepada manajemen Saab dan Pemerintah Swedia.

Sumber  : Kontan | Reuters 08.05.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: