Posted by: hagemman | May 9, 2009

JAKARTA PERINGKAT KE-140

JAKARTAKualitas hidup di Jakarta relatif masih rendah dibandingkan kota-kota metropolitan di dunia. Berdasarkan survei lembaga internasional Mercer tahun 2009, seperti disampaikan Survey Manager Global Mobility Mercer Indonesia Rini Firdaus (06.05.2009), Jakarta berada di urutan 140 diantara 440 kota di dunia yang disurvei baru-baru ini.

Kendati peringkat Jakarta naik 6 tingkat ketimbang hasil survei tahun lalu yang berada pada peringkat ke 146. Toh tetap masih kalah dengan Singapura (peringkat 26), Kuala Lumpur (75), Bangkok (120) dan bahkan dengan Manila (131) sekali pun. Di lain pihak, Jakarta berada di atas Mumbai (148), Hanoi (149) dan Ho Chi Minh City (150).

Pemeringkatan kota-kota dalam survei tahun ini mengidentifikasikan kota-kota dengan infrastruktur terbaik berdasarkan pasokan listrik, ketersediaan air bersih, layanan telpon dan pos, pengadaan transportasi umum, kemacetan lalu lintas, serta kualitas penerbangan internasional di bandara lokal. Juga aspek yang dianalisis adalah kondisi sosial politik, ekonomi, sosio-kultural, kesehatan dan sanitasi, sekolah dan pendidikan, layanan publik dan transportasi, rekreasi, barang konsumsi, hunian, serta kondisi alami.

Puneet Swani Kepala Solusi Informasi Produk Mercer untuk Asean menjelaskan, stabilitas internal Jakarta membaik akibat berkurangnya demonstrasi dan kekisruhan sipil pada tahun ini. Namun, meskipun penegakan hukum kian demokratis, hukum sipil nyatanya masih kurang lengkap dan Jakarta masih mengalami petaka akibat korupsi dan rasisme.

Lantas kota apakah yang paling nyaman saat ini dunia ?  Survei menyebutkan bahwa kota Vienna (Austria) merupakan kota paling nyaman di dunia.  Oooh …….. lantas kapan dong Jakarta jadi kota paling nyaman di dunia ?  Wallahualambissawab, tulis seorang teman saya yang tinggal di Jakarta melalui smsnya tadi malam. 

 

Sumber  :  Kompas, 07.05.3009

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: