Posted by: hagemman | May 4, 2009

SELAMAT DATANG ORION + ARES

ulang-alikBadan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) akan mempensiunkan pesawat ulang alik yang jumlahnya tiga pesawat itu pada tahun 2010, setelah delapan misi penerbangan lagi untuk menyelesaikan pembangunan dan perlengkapan Stasiun Ruang Angkasa Internasional dan kunjungan pemeliharaan terakhir ke Teleskop Ruang Angkasa Hubble.

Keputusan yang dibuat pada tanggal 30.04.2009 lalu ini mengakibatkan penghapusan 900 pekerjaan manufakturing dalam kurun lima bulan mendatang serta 160 pemberitahuan pemutusan hubungan kerja pertama, terutama kepada para kontraktor yakni Lockheed Martin Corp yang memproduksi tangki bahan bakar pesawat ulang alik ruang angkasa di luar New Orleans. Dan ATK Thiokol yang memproduksi pendorong roket pesawat ulang alik di Utah.

Terkait dari delapan misi penerbangan yang tersisa, NASA telah menetapkan tanggal 11 Mei sebagai tanggal peluncuran untuk misi 11 hari Atlantis ke Hubble. Peluncuran ditetapkan pukul 14.00 (pukul 01.00 tanggal 12 Mei WIB) dari Kennedy Space Center di Florida.

NASA merencanakan mengganti pesawat ulang alik dengan kapsul model Apollo yang selain pergi ke stasiun ruang angkasa juga mampu menerbangkan astronot ke permukaan bulan. Pesawat ruang angkasa baru ini akan disebut Orion dengan peluncurnya yang dinamakan Ares dan akan mulai beroperasi tahun 2015. NASA menyatakan bahwa hanya satu versi kapsul dengan kapasitas untuk empat astronot. Bukannya versi enam tempat duduk yang sebelumnya direncanakan untuk penerbangan ke ruang angkasa itu.  Sementara dana untuk membiayai ini semua berasal dari operasi pesawat ulang alik dan pembangunan stasiun ruang angkasa.

 

Sumber :  Kompas, 02.05.2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: