Posted by: hagemman | May 4, 2009

MENGENAL ANEKA FLU

flu2Mewabahnya Flu Babi bisa jadi membuat kita bingung, minimal untuk membedakan seperti apa sikh gejala Flu Babi dibandingkan flu biasa. Berikut adalah perbandingan aneka flu khusus dikutipkan bagi Anda. Semoga materi ini akan membuat kita semua tercerahkan.

FLU BIASA

Penyebab : Picornaviruses atau Coronaviruses.

Gejala : Pilek, batuk, lemas dan pusing.

Hingga kini flu ini belum ditemukan obatnya, sehingga hanya dilawan dengan istirahat yang cukup ditambah asupan vitamin. Jika muncul gejala tambahan, seperti batuk, bisa mengkonsumsi obat batuk. Atau jika terjadi infeksi, seperti radang tenggorokan, biasanya diresepkan antibiotik.

Vaksinasi flu bisa membuat tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit ini. Namun, vaksinasi tidaklah wajib. Biasanya disarankan bagi mereka yang lanjut usia atau demi untuk mencegah komplikasi dengan penyakit kronis.
FLU BURUNG

Penyebab : virus influenza tipe A subtipe H5N1.

Gejala :  Batuk, nyeri tenggorokan, radang saluran nafas atas, pneumonia, infeksi mata dan nyeri
                 Otot.

Virus ini pertama kali ditemukan berasal dari unggas. Penderita biasanya terjangkit akibat kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi saat membawa, mengangkut, menyembelih dan memproses unggas. Bisa juga terinfeksi melalui kotoran unggas, makan daging atau telur unggas setengah matang. Penyakit ini diobati dengan obat antiviral atau Tamiflu.

FLU BABI

Penyebab : virus influenza tipe A subtipe H1N1.

Gejala :  Infeksi pernapasan akut disertai demam lebih dari 38 derajat Celcius.

Virus ini berasal dari beberapa strain virus ini endemi pada babi, unggas dan manusia. Dalam tujuh hari sebelum sakit, penderitanya pernah kontak dengan penderita lain atau pernah berkunjung ke tempat terdapat kasus Flu Babi. Flu Babi pernah menjadi pandemi yang berujung pada meninggalnya jutaan penduduk dunia pada tahun 1918. Setelah itu virus ini tidak dikategorikan berbahaya sampai kemudian merebak di Meksiko. WHO (Badan Kesehatan Dunia) menyatakan statusnya sudah pada fase/skala 5, yang berarti telah ditemukan penularan antar manusia.

  

FLU YANG BUKAN FLU PERUT

Penyebab : virus atau bakteri.

Gejala :  Diare akut.

Resminya penyakit ini dinamai Gastroentritis namun lebih banyak disebut flu perut atau flu pencernaan meski tidak punya kaitan langsung dengan flu. Flu perut menewaskan hampir 8 juta orang setiap tahun. Myoritas korbannya adalah bayi dan anak balita.

 
FLU SINGAPURA

Penyebab : virus RNA famili Picornaviridae.

Gejala :  Demam, kemerahan serta melepuh di telapak kaki, tangan dan kulit bagian dalam
                 Rongga mulut, lesu, tidak nafsu makan dan nyeri tenggorokan.

Sesungguhnya ini penyakit tangan, kaki dan mulut yang banyak ditemukan pada anak dan bayi. Penyakit ini dapat menular melalui cairan hidung dan tenggorokan, saliva dan cairan blister atau tinja pasien.

Masa inkubasinya 3 hari hingga 7 hari. Pengibatan hanya simtomatik, penderita disarankan mengkonsumsi makanan yang cukup protein dan kalori. Penderita dapat disembuhkan dalam waktu hingga 10 hari. Agar tidak menulari, disarankan tidak menggunakan secara bersama alat-alat rumah tangga seperti cangkir, sendok, garpu dan alat kebersihan pribadi yaitu handuk, lap muka, sikat gigi dan pakaian, juga terutama kaus kaki serta sepatu.

 

Sumber  :  Koran Tempo, Edisi 2821 | 03.05.2009


Responses

  1. Artikel lo bgus w jd lbh tw tntang gjala bnyk flu g’cuma flu babi z,btw w prnh baca artikel tntng ramlan kiamat gtu isix tu sblm kiamat ktax da penykit bru yg nyerang manusia,, pa flu babi y yg dimaksud???brarti bnr donk kiamat ampir tiba??

  2. Mang mr.di2k prcy ama rmln?? Bukane kiamat yg tau cuma Allah???
    Btw artikele emang top bgt,q jd tau cara penularan flu babi.txh

  3. Mang mr.di2k prcy ama rmln??emng seh kiamat dh deket,tp Bukane kiamat yg tau cuma Allah???
    Btw artikele emang top bgt,q jd tau cara penularan flu babi.txh y;-)

  4. JMn cKr9 pXkt aNeH^2 æ y0w?? KmRn flu burung TrZ –> flu SiN94puRa -> eh Nie d4 lg,, flu babi , aBez nie plIn9 flu k4mbing ato 9x s4pi,,tp kr4^2 b4kl4n Xmpk INDONESIA J9 9x y0w??s3rem mn4 w l0w niKH lg??

  5. Se7

  6. Apakah virus H1N1 sdh bisa dichek di Lab di Indonesia.? Bila pasien diduga Flu Babi dan diberi Tamiflu, ternyata tdk flu babi, apa effectnya thd si penderita?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: