Posted by: hagemman | May 1, 2009

SELAMAT ULANG TAHUN, AYAH

qws-130Hari ini hari ulang tahun almarhum ayah. Mengenang dan mengucapkan syukur pada Sang Khalik adalah hal yang senantiasa saya lakukan pada setiap tanggal 1 Mei.

Ayah adalah sungguh sosok yang tak ada duanya bagi diri saya karena ia mampu berperan kapan menjadi seorang ayah, seorang teman, seorang guru dan banyak lagi peran yang dilakukannya demi diri saya dan adik-adik saya.

Ia tidak pernah mengeluh walau penghasilannya begitu pas-pas’an khususnya pada masa inflasi ratusan persen di pertengahan tahun 1960’an. Ayah tampil begitu manusiawi dan heroik di mata saya ketika meminta ibu agar bergegas menyiapkan dua bungkus nasi berlauk di tengah suatu malam untuk diberikan kepada dua orang yang digiring massa karena dicap anggota PKI. Ayah tampil egaliter dan mengenal akrab hampir semua orang di kampung kumuh tengah kota tempat kami tinggal.

Ayah juga yang mengajarkan saya dua hal : jangan pernah memukul isteri sebab itu perbuatan nista dan serahkan seluruh penghasilan yang diperoleh pada isterimu sebab isterimu bukanlah budak. Ia tidak pernah mengajarkan diri saya untuk memandang rendah orang lain bahkan saya harus menghormati sebagai sebuah kemutlakan ; hak dan kewajiban orang lain secara setara. Buat ayah keberagaman adalah hal yang indah dan patut disyukuri. Kelembutan, ketegasan dan rasa empatinya sesungguhnya adalah jati diri ayah.

Ayah saya memang bukan siapa-siapa dan begitu pula diri saya bukan siapa-siapa. Tetapi manikam nilai yang pernah dikatakan, yang pernah diucapkan dan yang pernah dilakukan akan terus hidup untuk diteladani oleh anak-anak saya kelak, setidaknya itu harapan dan doa saya. Seperti batu yang dilempar ke tengah kolam dan menciptakan gelombang susul menyusul hingga sayup ke tepian.

Itulah mengapa sungguh saya bersyukur kepada Sang Khalik yang berkenan memberikan seorang ayah yang luar biasa dalam hidup saya. Selamat ulang tahun, ayah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: