Posted by: hagemman | April 29, 2009

MAKNA KEKAYAAN

stn01-new-jersey-setApakah makna kekayaan bagi Anda ? Orang bijak bilang kekayaan adalah kemampuan untuk memenuhi keinginan. Jadi jika apa yang Anda miliki baru pada kisaran untuk memenuhi kebutuhan, itu artinya Anda belum kaya. Soalnya keinginan adalah tidak terbatas. Sementara kebutuhan adalah terbatas.

Perut kita hanya sebatas tampungan buat sepiring nasi berlauk, misalnya. Jadi ketika kita lapar yang kita perlukan hanyalah sepiring nasi dengan lauknya. Itu namanya kebutuhan. Nah soal yang Anda santap nasi goreng atau nasi berlauk Bebek Peking ; itu adalah keinginan. Dengan demikian nyata bahwa keinginan kendati tidak terbatas, masih diperhadapkan oleh pilihan. Pilihan yang bijak atau pilihan yang tidak bijak.

Dimensi lainnya adalah jika Anda kaya dan mampu memenuhi keinginan Anda, masih ada aspek lain yaitu apakah Anda mampu untuk menikmati kekayaan Anda. Jika Anda sampai tidak bisa tidur lelap ; itu artinya kita belum kaya. Karena kemampuan untuk menikmati kekayaan akan menjadi unsur penting yang tidak bisa diabaikan. Sebab hal itu adalah anugerah dari Sang Khalik.

Maka agar kita menjadi kaya dengan makna yang lebih dalam tanpa kehilangan nilai-nilai luhur jati diri tapi kita mampu untuk menikmatinya  ; k ita perlu merenungkan dalam-dalam untuk menata ulang konsep kekayaan dalam benak kita. Konsep kekayaan yang bukan menjadi milik Anda semata melainkan kekayaan Anda menjadi barokah bagi semua orang yang datang mengetuk pintu rumah Anda.

Dan itulah kekayaan yang sesungguhnya di dunia ini dan yang akan kembali diperoleh dengan berlipat ganda di akhirat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: