Posted by: hagemman | April 13, 2009

PREDIKSI PARLEMEN KITA

0022Pemerintahan yang kuat pada 2009 – 2014 adalah harapan kita bersama. Tapi perlu diingat pula harapan ini bergantung pula pada tatanan dan konfigurasi di parlemen. Kompas, 13.04.2009 menurunkan artikel tentang hal ini yang merupakan pendapat dari Sebastian Salang, Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi).

Sebastian mengupas hal diatas dengan suatu prediksi yang menarik untuk kita simak bersama. Menurutnya ke depan wajah parlemen bakal terisi tiga kelompok besar. Pertama, kelompok saudagar yang terpilih karena mengandalkan kekuatan uangnya. Kelompok ini bisa menjadi sangat pragmatis. Aktifitas di DPR bisa saja digunakan sebagai upaya mencari peluang atau memperlebar jaringan bisnis mereka sendiri.

Kedua, kelompok pesohor atau yang memanfaatkan ketokohan semata. Kelompok ini bakal cenderung menjadi  ‘anak manis’  yang sibuk menjaga citra diri dan karena itu kelompok ini bakal mudah dikendalikan eksekutif. Ketiga, kelompok politisi yang memiliki latas belakang aktivis atau penggerak parpol. Kelompok inilah yang bisa diandalkan untuk memikirkan produktifitas dan kualitas DPR. Namun, sayangnya kelompok ini jumlahnya kecil, antara 10 – 15 persen saja, demikian prediksi Sebastian Salang.

Jika sudah begini tampaknya memang tidak bakalan jauh-jauh amat dari DPR dengan masa bakti 2004 – 2009 yang cuma menghasilkan 157 undang-undang terhitung akhir masa sidang 3 Maret 2009 lalu, padahal target Program Legislasi Nasional DPR 2004 – 2009 adalah 284 undang-undang.

Juga pendapat Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari bahwa jika ada 9 parpol di DPR sebenarnya masih terlalu banyak. Sekali pun mekanisme pemilu dengan penerapan parliamentary threshold bisa mengurangi jumlah parpol ; Qodari tetap memprediksikan tetap akan ada ‘keramaian’ sehingga belum tentu akan terjadi perubahan signifikan dalam pola legislasi di DPR. Yakni tidak tercapainya lagi target legislasi dan kualitas perundang-undangan akan tetap buruk.

Jadi bersiap-siaplah agar kita semua jangan terlalu berharap banyak tentang hal ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: