Posted by: hagemman | April 11, 2009

TIRANI SISTEM

img6Dalam kondisi-kondisi tertentu, tak urung dan tanpa diingini apalagi diidamkan ; kita selalu berbenturan dengan sistem baik itu perundang-undangan, tata aturan serta kelaziman dari satu aturan tidak tertulis entah itu norma, konsensus atau apa pun istilahnya. Tentu yang dimaksud disini adalah sistem yang tiran ; yang lebih mengedepankan kepentingan mayoritas dan tidak memberikan ruang sedikit pun untuk pihak minoritas. Maknanya memang bukan soal dikotomi mayoritas dan minoritas, tetapi betapa sistem bisa jadi ujud berhala zalim dan manusia tak lebih cuma jadi operator semata.

Atas nama ketenteraman dan keteraturan maka kekerasan sistem disahkan buat ditegakan dan diaplikasikan. Korban demi korban pun berjatuhan seiring berjalannya waktu yang terasa begitu lamban. Saat itu pula kerinduan akan terwujudnya keadilan menjadi sebuah mimpi. Soalnya keadilan mengawang tinggi di atas langit. Tak terjangkau bahkan sakit leher kita untuk mencarinya dan kita bertanya : seperti apakah wajah keadilan sesungguhnya ?

Sistem yang dibuat konon katanya buat kebaikan kita, tetapi semua pihak hendaknya harus memahami bahwa tidaklah mungkin sistem menyerap aspirasi setiap orang. Harus ada keputusan untuk memilih. Maka ketika kita jadi korban dari penggusuran, penekanan, pengingkaran, pengabaian dan seterusnya ; kita ditempatkan dan dipojokan pada satu tepian jurang tak berdasar yang siap melumat diri kita.

Jadi buat kita sah-sah saja berpikir bahwa apa pun sistem yang dibuat oleh manusia dan demi atas nama apa pun ; senantiasa terbuka buat kemelencengan. Sistem yang selalu demikian rajin memproduksi korban yang dikemas dan diberi label : para pelanggar – sebagai pembenaran nan nisbi. Sampai kemudian hari waktu memberikan pembuktian. Yang sayangnya saat itu telah sungguh amat terlambat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: