Posted by: hagemman | April 8, 2009

MUDAHNYA MEMASUKI PASAR EKSPOR

00022Amat sedikit sekali orang mau terbuka buat bicara dan apalagi buat mengajarkan orang lain untuk memasuki pasar ekspor. Hampir identik dengan berabad silam ketika orang berlomba-lomba untuk menemukan jalan ke Timur Jauh agar dapat menemukan langsung benda yang bernama : rempah-rempah. Maka jalur pelayaran amat sangat dirahasiakan. Dan itu masih terjadi juga pada jaman milenium ini.

Analogi ini yang saya gunakan sebab jangankan untuk memasuki pasar ekspor, untuk tata cara pengurusan dokumen ekspor pun dikatakan rumit. Jika kita renungkan dimanakah kesulitannya ? Soalnya semua hal apa pun yang terkait ekspor itu berdasarkan logika. Hanya memang masalah pokok sesungguhnya terletak pada kemampuan dan kemahiran berbahasa Inggeris. Orang bijak bilang menguasai bahasa asing sama dengan memiliki anak kunci buat mengetahui dunia seberang. Oleh sebab itu bagi mereka yang terobsesi agar produknya memasuki pasar ekspor, cara awal adalah belajarlah bahasa Inggeris. Tidak ada kata terlambat untuk itu.

Bahasa Inggeris bukan satu-satunya cara. Masih ada cara kedua yang tak kalah penting yaitu kuasai habis-habisan yang namanya internet. Cuma itu. Karena dengan internet Anda dapat memperoleh pembeli asing untuk produk Anda. Sementara yang lain hanya masalah teknis-operasional belaka. Maknanya Anda jangan terlalu mudah terpesona, terkagum-kagum dan akhirnya merasa minder ; ketika ada orang yang menawarkan jasanya untuk memasarkan produk Anda ke pasar ekspor. Sebab sesungguhnya Anda memiliki kemampuan untuk melakukan hal yang sama. Asalkan perlu Anda pahami bahwa untuk itu memang ada harga yang harus dibayar. Yakni waktu, upaya dan biaya buat belajar. Tapi itu semua tidak akan percuma bagi Anda kelak, percayalah.

Kalau memang Anda terdorong ingin mengetahui seluk beluk prosedur serta dokumentasi ekspor, silahkan ambil kursus pada lembaga-lembaga pendidikan terkait, cukup banyak yang menyelenggarakan kursus keterampilan seperti ini. Juga terakhir, cobalah upayakan Anda menghadiri pameran-pameran dagang khusus untuk pasar ekspor. Kunjungi dan buka lebar-lebar mata serta hati Anda. Saksikan produk-produk apa saja yang ditampilkan. Dan jika kebetulan ada yang serupa dengan produk Anda, ini kesempatan emas bagi Anda bila produk Anda lebih jelek dari produk yang dipamerkan. Itu artinya Anda bisa belajar. Tapi jika yang ditampilkan ternyata lebih jelek dari produk Anda. Itu artinya adalah dorongan bagi Anda bahwa produk Anda lebih mampu dan potensial memasuki pasar ekspor.

Jadi kata kuncinya adalah belajar, jangan biarkan diri dan usaha Anda bergantung pada orang lain. Percayalah Anda memiliki kemampuan yang belum Anda gali dan manfaatkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: