Posted by: hagemman | April 7, 2009

PLOESTI YANG MALANG

img2Tepat pukul 07.00 pagi hari, tanggal 01.08.1943 sebanyak 178 pesawat Consolidated B-24 Liberator bermesin empat bergiliran  lepas landas dari Benghazi, Libya. Proses keberangkatan yang cukup memakan waktu terlebih satu pesawat dari AU Amerika ke-9 ini gagal lepas landas dan meledak menewaskan semua awaknya. Sebuah pesawat yang lain karena kerusakan teknis kembali ke pangkalan dan juga ada yang terbakar jatuh. Dan sisanya yang lain kembali ke pangkalan. Akibatnya dari 178 pesawat yang tersisa sebanyak 163 pesawat yang melanjutkan misi tempur saat itu.

 Pukul 12 tengah hari, mereka sudah memasuki daratan Eropa. Sejam kemudian mereka terhadang gumpalan awan yang luas sehingga kontak visual diantara mereka hilang. Dan mereka baru tiba di atas Rumania tepat pukul 13.50 dengan terbang setinggi 2.500 kaki. Inilah salah satu misi pemboman dengan terbang rendah (low level attack) yang akan selalu dikenang dalam Perang Dunia II. Sasaran mereka, yang membagi dirinya menjadi tujuh kelompok dengan target tiap sasaran akan diserang lima gelombang pemboman ; adalah Ploesti.

Ploesti adalah nama sebuah kota di Rumania tempat sekumpulan pabrik-pabrik penyulingan minyak berada dan tentu sangat vital bagi Nazi Jerman. Dari Ploesti ini Jerman memperoleh 30% dari total kebutuhan pelbagai macam jenis minyak dari bensin, solar, avtur dan sebagainya untuk menggerakan mesin perangnya. Di Ploesti sendiri sebenarnya ada 11 penyulingan minyak dan yang terbesar adalah kompleks penyulingan minyak yang bernama Astra Romana. Intinya jika Ploesti dapat dihancurkan maka kejatuhan Jerman akan dapat dipercepat. Yang artinya Perang Dunia II akan segera berakhir.

Karena gangguan pandang oleh sebab tebaran gumpalan awan tebal, pukul 14.30 tiba dua kelompok pembom tepat di atas sasaran pertama, mereka terbang serendah 30 kaki. Reaksi penduduk di bawah dapat diduga, gugup dan panik. Tapi meriam penangkis udara masih bungkam dan begitu pula pesawat pemburu Jerman belum ada satu pun yang naik mengudara untuk menyergap. Bom-bom mulai dijatuhkan dan berledakan. Sementara itu di lain pihak, pesawat B-24 yang memimpin misi ini malah tersesat dan melenceng jauh dari sasaran, akibatnya  rangkaian strategi pemboman menjadi kacau. Yang terjadi kini adalah bagaimana memanfaatkan semua sasaran agar dapat dilibas secara maksimal, sambil mempertahankan diri dari sergapan pesawat tempur Jerman agar dapat kembali ke Benghazi dengan selamat.

Akhirnya dari misi ini yaitu 177 pesawat jika dihitung dari yang berhasil lepas landas dari Benghazi pada pagi hari Minggu itu ; 11 pesawat kembali ke pangkalan. Dari sisa 166 pesawat, 3 jatuh dalam perjalanan dan 54 lainnya jatuh selama penyerangan ke Ploesti ini. Sehingga tercatat ada 440 awak tewas atau hilang, 54 luka-luka dan 79 awak ditahan di Turki karena pesawatnya mendarat darurat di sana. Dan 200 orang lainnya ditawan musuh. Sementara kerusakan yang diderita Ploesti tidaklah kecil, tapi Jerman berhasil membuat Ploesti berfungsi kembali dalam waktu hanya beberapa minggu.

Setelah misi diatas, tidak ada sebuah kota di Eropa saat itu semalang Ploesti, karena lebih dari satu tahun kemudian kota ini dibombardir bergantian tanpa jeda baik oleh AS di siang hari maupun Inggeris di malam hari. Setiap Sekutu membom dan menghancurkan Ploesti, Jerman cepat memperbaikinya kembali ; begitu terus menerus. Sampai kemudian terbukti ‘menghancurkan’ ternyata lebih unggul ketimbang ‘memperbaiki’. Dan Ploesti baru beneran ambruk total, tepatnya pada tanggal 24.08.1944, Ploesti terbakar hebat untuk terakhir kalinya dan saking parah kerusakannya Jerman tidak bisa melakukan perbaikan lagi. Tamatnya Ploesti mempercepat berakhirnya Perang Dunia II pada Mei 1945.
 
 

 

Sumber : Perang Eropa Jilid II – P.K. Ojong 
                   The Decline and Fall of Nazi Germany & Imperial Japan – Hans Dollinger
                   Warplanes of the 20th Century – Christopher Chant


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: