Posted by: hagemman | April 5, 2009

TIDAK PEDULI + CUEK BEBEK

sms-01Berbahagialah Anda jika Anda orang yang tidak peduli + cuek bebek pada saat-saat sekarang. Saya katakan bahagia karena Anda sudah memiliki benteng kuat untuk menilai dan menanggapi apa yang sedang bergulir baik itu yang masuk logika maupun tidak.

Maklumlah saat-saat ini ada banyak terjadi hal-hal nan ajaib, sarat dengan kemustahilan. Saya katakan ajaib, misalnya ada wakil rakyat yang tidak merasa malu jika dipanggil dan diperiksa KPK. Malah mengatakan sambil cengengesan : mari hormati azas praduga tidak bersalah. Padahal telah ditemukan bertumpuk uang di dalam mobilnya. Ajaib sebab sinetron televisi sedemikian tidak masuk akalnya. Dan yang terakhir, tak kalah ajaib seorang Kepala Polsek bisa didemosi jadi penyidik gara-gara membongkar suatu kasus aborsi yang menghebohkan.

Sungguh kita hidup di dalam situasi dan kondisi yang semakin absurd dari hari ke hari. Jadi jika Anda orang yang tidak peduli + cuek bebek ; Anda adalah orang yang paling berbahagia di republik bukan mimpi ini, sebab minimal Anda masih menggenggam kesadaran serta hati nurani.

Menjadi tidak peduli + cuek bebek, kesimpulannya buat saya pribadi tidaklah buruk apalagi aib. Soalnya kedua hal itulah pertahanan terakhir kita dari setiap hujan distorsi yang datang menimpa dan potensial bikin kita ikutan edan. Tentunya bukan tidak peduli dan cuek bebek secara permanen ; karena toh tetap kebenaran musti diperkatakan serta dinyatakan lewat tindakan. Manakala hati nurani kita terpanggil untuk melakukannya, betapa pun besar pertaruhan yang diminta. 

Kini tampaknya yang menjadi masalah besar adalah kapan serta bagaimana hati nurani kita terpanggil untuk memperkatakan dan melakukan kebenaran yang kita pahami dan yakini. Sebab bisa jadi benar menurut kita, salah menurut orang lain. Apalagi jika kita berhadapan dengan mayoritas yang sudah menjelma jadi tiran. Sehingga membuat kita berpikir kapankah selesainya labyrinth ini kita harus tempuh ?  Atau memang tidak akan pernah kita sempat selesaikan, sebab waktu nyatanya tinggal sedikit yang tersisa. Sehingga membuat Anda dan saya serasa terpenjara.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: