Posted by: hagemman | April 5, 2009

MENGENAL G-20

001qThe London Summit 2009 yang baru-baru ini digelar dari tanggal 02 s.d. 04.04.2009 adalah pertemuan Kelompok G-20 untuk mengatasi serta menghentikan krisis global yang masih berlangsung. Dibawah adalah data informasi tentang G-20 yang dikutip dari Kompas, mari kita simak bersama :

1. Kelompok G-20 dibentuk 26 September 1999 sebagai wadah pertemuan bank sentral dan menteri keuangan dari 19 negara ditambah Uni Eropa.

2. Kelompok ini dibentuk pasca krisis ekonomi Asia dekade 1990-an yang memberi efek domino kepada banyak negara. Berkembangnya peran negara-negara di luar G-8 tidak lagi memadai sebagai wahana diskusi atas masalah-masalah dunia. Karena itu G-20 dibentuk untuk mengikutsertakan negara-negara di luar G-8 dalam forum diskusi.

3. Kesepakatan dicapai berdasarkan konsensus.

4. Kriteria keanggotaan adalah negara-negara yang dianggap cukup kuat secara ekonomi atau diperkirakan akan berkembang menjadi negara besar, setidaknya secara ekonomi.

5. G-20 juga berkembang menjadi wadah pembahasan isu non-ekonomi, seperti isu lingkungan hidup.

6. Dalam pertemuan di London mulai 02.04.2009, peran G-20 makin dianggap penting seiring dengan terjadinya krisis global, yang menerpa banyak negara dan setiap tindakan dari satu negara dianggap akan berpengaruh kepada negara lain.

7. Pertemuan G-20 kali ini di London antara lain membahas :

a. Memperkuat transparansi dan akuntabilitas sektor keuangan.
b. Memperkuat peraturan di sektor keuangan yang selama ini dianggap lemah sehingga menjadi sumber kehancuran sektor keuangan global dengan aksi-aksi para spekulan.
c. Memperkuat koordinasi serta kerja sama ekonomi dan sektor keuangan di antara para anggota.
d. Mereformasi arsitektur sistem keuangan global karena peran Bank Dunia dan IMF dianggap tidak lagi sesuai dengan jaman.

8. Negara dan Kawasan yang menjadi anggota G-20 adalah : Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, AS dan Uni Eropa.

9. Indikator Kebesaran G-20 :

a. Pemilik 85% produksi domestik bruto (PDB) dunia.
b. Lokasi 80% dari total perdagangan dunia.
c. Tempat tinggal bagi sekitar 66% penduduk global.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: