Posted by: hagemman | April 5, 2009

BERGERAK MAJU DALAM PERUBAHAN

114cLagak atawa gaya hidup kita saat ini bergeser dari soal-soal pemenuhan kebutuhan-kebutuhan libido menuju pada konsep kompatibelitas atas situasi yang telah dibuahi oleh krisis global. Ada negatifnya memang jika pergeseran ini cuma sesaat, ibarat meredam dendam buat diledakan saat situasi dan kondisi sudah kembali membaik. Tapi positifnya  kita sedang membentuk diri untuk menjelma menjadi insan yang lebih bertanggung jawab.

Mestinya kita semua sadar jika secara kasat mata lagak kita tampak terdegradasi. Tetapi sejatinya justeru harus disyukuri kita akan memasuki suatu fase serta dimensi pandang serta nuansa yang jauh lebih luhur dan jujur, seperti nongkrong di pinggir jalan menikmati Nasi Uduk misalnya. Ketimbang nonton opera Les Misserables yang serba wangi dan sarat dengan hal-hal artifisial atas nama keadaban yang entah milik siapa.

Kita ada dan sedang bergerak dalam perubahan. Memang betul kita kerap merasa tidak nyaman dengan perubahan. Kita takut dan benci dengan perubahan. Tapi kita melupakan bahwa tanpa perubahan kita nowhere to go, tidak kemana-mana alias berjalan di tempat. Bisa jadi hal ini adalah sebuah pertaruhan, dengan perubahan kita bisa menjadi lebih baik dan juga lebih buruk.

Tapi orang bijak mengatakan ketika kita berpikir positif, membuka dan sadar diri dan memahami hakekat diri yang sedang kita jalankan ; maka yakinlah perubahan senantiasa akan membawa kita masuk dalam tahapan yang lebih baik serta lebih-lebih lainnya. Jadi jangan takut akan perubahan yang sedang berlangsung saat ini. Maju terus kendati saya dan Anda sudah babak belur !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: