Posted by: hagemman | April 5, 2009

FENOMENA PEMILU

bgr-003Masa kampanye pemilu saat ini ternyata ikut menyumbang laju inflasi, yaitu peningkatan belanja untuk makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau serta sandang untuk pembuatan bendera, kaus dan atribut lainnya yang terkait dengan kegiatan kampanye.

Kepala BPS (Badan Pusat Statistik) Rusman Hermawan menyampaikan di Jakarta, 01.04.09 : ” Dari laju inflasi bulan Maret 2009, kelompok pengeluaran makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau menyumbang 0,52% sedangkan kelompok sandang 1,02%.”  Soalnya orang yang kampanye dipasok nasi bungkus, rokok dan minuman. Lebih lanjut Rusman Heriawan menyampaikan bahwa ada hubungan antara bahan makanan dan makanan jadi, asumsinya jika bahan makanan turun mestinya makanan jadi pun turun.

Akan tetapi pada kenyataannya tidaklah demikian. Yang amat menarik adalah bahan makanan mengalami deflasi (penurunan) sedangkan makanan jadi inflasi (kenaikan). ” Ini berarti, banyak rumah makan bergembira karena pesanan nasi bungkus yang tinggi sehingga berpotensi untuk kenaikan harga bagi makanan jadi,” tutur Rusman Heriawan. Masih hal terkait, Thomas Darmawan, ketua umum Gapmmi (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia) menyatakan dalam setiap masa kampanye nilai konsumsi makanan dan minuman sekitar Rp. 5 hingga Rp. 10 triliun. Biasanya produsen makanan dan minuman sangat berhati-hati dengan meminta pembayaran tunai karena kuatir dikemplang. “Industri tidak mau ambil risiko,” Thomas menambahkan.

Jika kita menyimak hal diatas dengan seksama jelaslah bahwa ada korelasi yang amat signifikan antara kegiatan pemilu dengan tingkat inflasi dan deflasi yang terjadi.   

 

Sumber : Kompas, 02.04.2009 Halaman 17


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: