Posted by: hagemman | April 4, 2009

BAHAYA BISPHENOL A (BPA)

abc-049Saya punya kebiasaan buruk jika beli air mineral botolan dan saya minum habis, saya kerap menambahkan lagi isinya – maksud saya tidak usah beli baru lagi (pelit ya!). Tapi saya terkejut dengan artikel Kompas tanggal 04.03.2009 halaman 14, tentang bahaya bahan kimia Bisphenol A (BPA) untuk memperkeras plastik. Mari kita simak apa yang ditulis Kompas dari sumber Reuters.

Bahan kimia yang digunakan pada banyak produk plastik diduga menetap di tubuh lebih lama dari dugaan semula. Manusia mendapat dari berbagai hal selain makanan. Penelitian tahun 2008 oleh Inggeris menunjukan tingginya tingkat BPA dalam tubuh yang berhubungan dengan penyakit jantung, diabetes, mengganggu hormon estrogen, kerusakan kromosom dan tidak normalnya enzim hati. BPA banyak ditemukan pada wadah minuman, pelapis kaleng makanan,dan peralatan medis.

Kita diharapkan untuk meneliti Kode Angka, misalnya yang lazim tertera di bagian bawah botol plastik. Kode tersebut berupa angka di dalam lambang segi tiga daur ulang. Berikut di bawah ini, untuk memudahkan bagi kita adalah beberapa produk yang dianggap aman, yaitu :

1. Kode Angka 2 untuk HDPE (High Density Polyethylene), bertingkat daur ulang : 27% dengan kegunaan umum tas plastik belanja, botol deterjen, botol jus dan susu.

2. Kode Angka 4 untuk LDPE (Low Density Polyethylene), bertingkat daur ulang : 1% dengan kegunaan umum kantong makanan beku, kantong roti dan botol yang bisa ditekan.

3. Kode Angka 5 untuk PP (Polyproylene), bertingkat daur ulang : 3% dengan kegunaan umum peralatan tahan microwave dan kontainer sekali pakai.
Lantas apakah Kode Angka 1 yang umumnya kita temui pada bagian bawah botol plastik air mineral tidak aman ? Jawabannya tidak, sepanjang kita memakainya sekali saja dan apabila dipakai lebih dari sekali akan berbahaya karena berpotensi mengandung bateri. Jadi setelah air mineral habis diminum, sang botol harap dibuang ke keranjang sampah. Jangan Anda mengisinya lagi seperti yang saya kerap lakukan selama ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: