Posted by: hagemman | April 3, 2009

RUANG TAMU

abc-051Tidak ada dalam suatu bangunan rumah yang terlebih mulia ketimbang ruang tamu. Ruang tamu menjadi begitu khusus diperuntukan bagi tamu atau siapa pun yang datang ; tidak jadi soal apakah tamu akan berkunjung setiap hari atau setahun sekali. Tapi toh tetap ruang tamu merupakan pengakuan sekaligus pernyataan bagi sebuah entitas bernama rumah tangga.

Memang benar secara historis ketika manusia mengenal konsep tempat saat beranjak hidup keluar dari kesuraman gua ; saat itu manusia hanya butuh tempat bernaung. Makanya kita ingat bertahun lalu pelajaran yang mengatakan rumah sebagai tempat tinggal serta tempat berlindung dari cuaca dan ancaman binatang buas. Pembagian ruang nyaris tidak dikenal dan memang tidak diperlukan kalau rumah hanya sekedar untuk tempat tinggal dan berlindung.

Ketika kita menyadari bahwa kita tidak sendirian hidup di dunia ini. Ketika kita mengenal hasil interaksi antara ilmu pengetahuan dan teknologi dalam tingkat kompleksitas nan rumit dan secara pasti terobsesi menuju pada kenyamanan hidup – kita pun mulai memperkaya dan lebih memberikan makna terhadap wujud keberadaan rumah kita entah itu disalut konsep klasik, modern, minimalist, eklektik dan lain-lain.

Maka analogi yang mengatakan rumahku adalah surgaku sungguh adalah benar adanya. Sebab rumah pun dikemas sedemikian rupa untuk menghadirkan nuansa surga dan konsekwensinya ruang tamu menjadi salah satu ruang pamer sekaligus penentu baik itu identitas dari yang empunya rumah sampai kadar ekspresi hubungan yang terjalin di dalam rumah tersebut, yang dapat dirasakan roh-nya oleh sang tamu.

Di ruang tamulah sesungguhnya kehidupan berdenyut. Kehidupan yang mengandung makna bahwa hubungan transaksional membutuhkan tempat, membutuhkan ruang dan membutuhkan kerangka untuk diselenggarakan, dibangun serta diwujudkan. Maka di dalam setiap ruang tamu yang ada di dalam setiap rumah menjadi penentu untuk segalanya. Yang tidak pernah disadari dan diperhitungkan oleh sebagian besar dari kita. Bukan soal sederhana atau mewah, itu adalah cuma kemasan ; melainkan menghadirkan kenyamanan yang membuat tamu betah berlama-lama di rumah Anda ; itu adalah tujuan yang sungguh harus dicapai.


Responses

  1. apa kabar Pak Handy ? selamat atas diterbitkannya sekolah di udara ini, tempat sharing dan transformasi ilmu.
    Terima kasih telah menjadi inspirasi bagi semua orang, terutama saya.
    Tulisan ini mengingatkan saya pada diskusi meja bundar ditemani kopi dan marlboro light-nya.
    Salam buat Ibu and adek2x ya Pak, saya yakin suatu saat nanti kita akan bersatu kembali dalam our dream team lagi. Ini saya lagi merintis…saling mendoakan ya Pak !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: