Posted by: hagemman | April 1, 2009

THE DREAMER

beneath-the-moon1Hari ini saya bertemu dengan The Dreamer (saya sebut saja demikian), seorang pengusaha dengan sederet bidang yang dikuasainya. Dreamer meminta saya datang bertemu dengannya untuk bicara soal bisnis masa depan. Menurutnya selagi banyak orang tiarap dan mengeluh ; dia ingin bergerak jika keadaan pulih – dia sudah berada empat atau lima langkah di depan orang lain ketika keadaan sudah pulih. Menurut hemat saya itu konsep pikir yang bagus sekali.

Tapi yang bikin perut saya sakit setelah membahas soal ekspansi bisnis yang memang saya tangani ; dia berkata dananya masih ditunggu. Ketika saya tanya maksudnya ; dia bilang dana tersebut akan tiba dalam hari-hari ini dan berasal dari luar negeri, dari seseorang yang akan menghibahkan kekayaannya. Bel peringatan tanda bahaya berdentang di dalam otak saya. Saya ingat soal spam e-mail yang juga saya terima hampir tiap hari dalam inbox saya.

Maka saya jelaskan padanya bahwa tidaklah mungkin dari sekitar 5 milliar manusia di planet Bumi ini, cuma dia terpilih satu-satunya untuk menerima hibah model begituan. Dreamer mendadak marah dan tanya : kamu tidak percaya ? Saya cukup keras kepala untuk mengiyakan bahwa saya tidak percaya sama sekali. Lantas dia bilang lagi jika ini sungguhan terjadi sambil menunjukan beberapa lembar dokumen, yang sayangnya saya nilai jauh dari kata representatif untuk jumlah dana sekian besarnya ; lantas dia bertanya lagi : apa katamu. Saya tetap bilang hal itu tidak akan pernah terjadi.

Akhirnya dari pertemuan saya pagi ini ; saya menarik kesimpulan bahwa jangan pernah kita jadi seperti Dreamer, yang arti harafiahnya : pemimpi. Bermimpi atas uang yang kagak juntrungan asalnya. Maka jujur saja saya merasa tertohok dan mangkel ketika hampir setengah waktu saya terbuang untuk mempresentasikan peluang yang ada ; dan menguap begitu saja ketika saya tahu dan sadar bahwa pendanaan berasal dari spam e-mail. Mohon siapa pun dapat menyadari bahwa spam e-mail hanya layak untuk dibuang ke trash bin dan marilah kita senantiasa berpijak pada realita – sebab saat ini jaman edan ; banyak tipu-tipu dikemas pesona nan canggih. Jadi mohon Anda senantiasa berhati-hati.


Leave a Reply

Categories

