Posted by: hagemman | April 1, 2009

TETAP IKHTIAR DAN FIGHT !

010Ekspor kita anjlok 30% untuk Triwulan 2009 ini. Sungguh gambaran suram dan sekaligus sebagai afirmasi bahwa dampak Krisis Global mulai melanda Indonesia. Kata orang jika ini baru gelombang pertama, bagaimana dampaknya jika datang gelombang kedua, ketiga dan seterusnya. Tentu kita harus melepaskan konsep pikir pesimis seperti itu karena kita tetap harus berdiri tegap dan berpikir jernih, tanpa perlu menghindar dari tanggung jawab terhadap karyawan, kewajiban pada pihak kreditor, share holder, supplier dan seterusnya.

Pertanyaannya lantas apakah yang harus kita lakukan ?  Mungkin kedengarannya terlalu kosmetis bagi Anda, jika saya katakan bahwa inilah kesempatan bagi kita semua untuk melakukan revitalisasi dan reposisi terhadap aktifitas kerja yang telah kita lakukan selama ini. Mohon dicamkan sepuluh tahun sudah kita bisa lolos dari Krisis Moneter 1998. Jika kita bisa lolos saat itu dan tetap eksis sampai kini ; mengapa kita juga tidak bisa lolos dari Krisis Global saat ini ?  Beberapa pakar benar adanya dengan argumentasi bahwa Krisis Moneter hanya terjadi dalam konteks regional, saat ini konteksnya global bung ! Jadi nowhere to go …  Benar, tapi satu hal yang para pakar lupa bahwa saking globalnya maka tindakan proaktif pemulihan justeru akan semakin cepat terwujud seperti yang dilakukan oleh EU, G-20, AS dan seterusnya. Sehingga kita boleh sedikit lega, Krisis Global diyakini akan berakhir pada tahun 2010. Sementara kita ingat bahwa lima tahun setelah 1998 ; kita sendiri masih belum pulih dari Krisis Moneter.

Nah kembali pada revitalisasi dan reposisi tersebut diatas. Kalau kita berpuas diri dengan aktifitas kerja yang kita sudah lakukan dan merasa sistem serta metoda kerja yang diterapkan kita anggap sudah terbukti ; saya cuma mau katakan persiapkan usaha Anda untuk ditelan Krisis Global. Yakinilah tidak ada yang bersifat konstan di dalam bisnis. Karena bisnis membutuhkan tempat semaian. Jika tempat semaian itu yaitu dunia ini yang rentan bergejolak tiap saat – itu artinya usaha Anda harus selalu ada dalam situasi dan kondisi yang kompatibel serta memberikan hasil. Bisnis Anda bukan cuma terdiri soal-soal lajur aktiva dan pasiva, tingkat ROI dan seterusnya ; bisnis Anda sesungguhnya adalah suatu organisme yang hidup.

Dengan demikian ambilah kesempatan langka saat ini, untuk jeda sejenak agar Anda bisa melakukan revitalisasi seluruh unsur kekuatan utama dan kekuatan penunjang usaha Anda. Dalam proses revitalisasi ini, kita boleh yakin bahwa kita akan menemukan banyak hal baru yang menarik untuk kita kaji, ubah, sempurnakan serta terapkan segera. Dan juga yang tidak kalah penting, Anda akan menjumpai kebutuhan-kebutuhan bisnis Anda untuk direposisi. Misal segmen pasar baru, public image baru, cara promosi pemasaran baru dan sebagainya. Inilah kesempatan emas yang jarang kita temukan dalam setiap siklus bisnis 10 tahunan, demikian kata seorang teman pengusaha. Ketika saya bilang ; kamu gila untuk revitalisasi dan reposisi selama sebulan dengan melibatkan semua staff karyawan. Yang artinya tidak ada pemasukan sama sekali. Teman saya bilang kapan lagi kalau tidak sekarang ini, toh nanti hasilnya kelak bisa dua atau tiga kali lipat, kata teman pengusaha ini sambil senyum-senyum.

Kini kembali pada diri Anda. Ada dua pilihan bagi Anda. Yang pertama, diam ditempat dan perlahan-lahan usaha Anda ditelan Krisis Global. Dan yang kedua yang saya harap dan berdoa agar Anda pilih adalah melakukan revitalisasi dan reposisi usaha Anda sekarang juga ketimbang pikiran belum suntuk dan putus asa menyerang. Tapi mohon revitalisasi dan reposisi bukan berarti Anda harus ngotot menekuni bidang usaha Anda saat ini. Tendang jauh-jauh paradigma dan konsep pikir yang salah itu. Percayalah ganti haluan usaha bukanlah aib, kagak ada urusannya dengan gengsi dan reputasi. Bahkan saya berpikir jika memang saya harus melepas usaha saya saat ini, karena upaya revitalisasi dan reposisi yang saya lakukan mengharuskan demikian ; lantas saya harus jualan bubur ayam, pasti akan saya lakukan sepanjang saya mampu untuk menyajikan bubur ayam terenak bagi Anda. Jangan pernah menyerah, tetap ikhtiar dan terus fight – buktikan diri kita tidak kalah dengan para pengusaha Jepang, Korea Selatan dan RRC.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: