Posted by: hagemman | March 30, 2009

H A T I

christ-brthday-054-heart1Hati. Demikian kita merasa perlu untuk mengedepankan hati ; tepatnya hati nurani saat semua hal terminimalisasi dan termutilasi dengan mudahnya. Memang ada banyak alasan tersedia serta masuk akal pula untuk kita mengabaikan hati nurani. Cukup dengan mematikan seluruh fungsi indera kita kecuali wilayah kisaran perut dan aurat. Maka jadilah kita sesosok mesin ketimbang seorang manusia. 

 Inilah masa-masa sulit dan potensial bagi manusia untuk lebih memikirkan kepentingan dirinya sendiri. Dan itulah yang juga saya alami secara pribadi sebulan lalu. Saat komitmen, itikad baik dan ikhtiar bukan lagi sesuatu yang sakral dan wajib dipertahankan serta dijaga. Maka ketika pada kenyataan saya berhadapan dalam situasi dan kondisi yang zalim ini ; sungguh mati saya ingin marah dan meninju orang kurang ajar ini. Tapi itu buat sesaat lamanya, selebihnya adalah kembali kepada hati nurani – kendati jujur saya akui hal itu tidak mudah dilakukan sebab  perasaan sedih, marah serta kecewa begitu kental merasuk.

Tapi Tuhan yang juga bersemayam di dalam hati kita tidak pernah mengijinkan untuk kita membalas. Tuhan yang ada di dalam hati kita tidak pernah merestui untuk kita memikirkan diri kita terlebih dahulu dan baru orang lain. Tuhan yang memiliki hati  menuntut kita senantiasa untuk berbuat kebaikan.

Maka ketika saya membuka file foto-foto milik puteri saya ; saya tertohok ketika menemukan foto yang saya tampilkan untuk tulisan ini. Dan saya amat paham sekali bahwa Tuhan berbicara sekali lagi buat mengingatkan saya dan juga Anda, bahwa hidup akan jauh lebih nyaman jika kita senantiasa mengedepankan hati nurani kita. Kendati orang bilang bahwa kita adalah seorang yang bodoh sekalipun.

Gambar : Christ’s Birthday – Christ


Leave a Reply

Categories

